Heaven!

Heaven!

Monday, November 5, 2012

I'm back, Jakarta!

Lima tahun sudah saya habiskan di Bandung. Akhirnya mulai minggu lalu, saya resmi menjadi warga tetap Jakarta lagi. Agak - agak gimanaa gitu rasanya meninggalkan kota yang telah memberi saya segudang suka - duka, membuka mata saya.

Saya masih ingat banget rasanya pertama kali saya menginjakkan kaki di Bandung sebagai calon mahasiswa ITB. Saat itu adalah hari pedaftaran ulang mahasiswa baru dan pertama kalinya saya bertemu dengan calon - calon mahasiswa farmasi. Saya juga ingat pertama kali saya pindahan ke kosan saya, yang saat itu di daerah Tubagus Ismail.
Malam pertama saya di kosan saya bisa tidur dengan nyenyak tanpa rasa homesick. Pagi pertama, saya diajak jalan2 sekitar kompleks kosan dan ditunjukkin tempat beli makanan sama ibu kosan saya. Siangnya, saya nyoba2 naik angkot ke PVJ dan pulangnya nyasar sampe Ledeng. Untung si bapak supir angkot ngerti kalo saya nyasar, jadi saya ga dikenakan ongkos yang mahal :p

Dulu, satu kata saya untuk Bandung adalah: RIBET. Ribet karena jalannya kebanyakan satu arah. Saya yang terbiasa dengan Jakarta yang jalannya dua arah, yang kalo nyasar atau kelewat bisa tinggal nyebrang atau putar balik, sempet ga mudeng banget sama Bandung yang pulang - pergi aja angkotnya bisa beda. Udah gitu, seingat saya dulu pas jaman saya awal2 di Bandung, supir angkot masih banyak yang ngomong pake Bahasa Sunda. Makin ga ngerti aja lah saya. Gausah berharap banyak, lima tahun di Bandung saya tetep ga ngerti Bahasa Sunda.

Pertama kali saya pindahan ke Bandung, saya cuma pake mobil sedan dan semua barang saya cukup ditampung di bagasi. Dikit kaan? Iya lah. Lagian apa sih yang saya bawa? Cuma beberapa helai baju, beberapa novel dan komik, dan 3 buah boneka. Oh, tidak lupa bed cover, karpet, laptop, dan beberapa pasang sepatu. Plus pritilan2 lain lah ya. Ah pokoknya semuanya masuk dengan aman dan damai di bagasi sedan deh.

Di tahun ke 3, saya memutuskan untuk pindah kosan. Baru kerasa deh betapa banyaak barang2 yang baru saya beli di Bandung. Tetep pake sedan yang sama nih ceritanya. Tapi ini dari yang awalnya 1 bagasi, menjadi 3x bolak - balik dengan barang sampe memenuhi kursi belakang. Dan oh ternyata, furniture di kosan baru minim sekali. Jadi lah saya membeli 2 buah rak buku. Emang sih kamar kosan baru saya lebih kecil daripada kosan lama saya, tapi semua barang bisa masuk dengan rapi. Saya pun hidup bahagia di kosan baru (setelah para nenek sihir tukang ribut unp*d) pindah. hahaha.

Akhirnya tiba saatnya semua urusan saya di Bandung selesai, bertepatan dengan selesainya bulan Oktober. Saya pun memutuskan untuk pulang secara permanen ke Jakarta. Saya langsung mikir, gimana caranya mindahin barang2 yang oh-gausah-ditanya-banyaknya ini?? Paling bener sih emang nyicil pindahannya. Sempet beberapa kali nyicil, mindahin buku. Sisanya ga saya pindahin dulu karena tadinya berniat nyewa jasa pindahan ke Jakarta. Tapiii, kayaknya mahal deeh..

Untungnya saya ada pacar baik hati yang menawarkan bantuan dan mobil kijangnya buat pindahan. hihii asiiikk. akhirnya saya dan dia pun ke Bandung lagi. Tiga hari terakhir di Bandung rasanya bener2 aneh. Saya masih sulit percaya saya akan meninggalkan kota ini. Aneh banget rasanya ngepack semua barang, ngeliat kamar saya kosong. Anyway, saya ga sempet ngerasain "tidur di malam terakhir di kosan" karena malam itu saya malah main ke kosan temen saya, gosip sampe pagi. Besoknya saya udah kaya zombie kurang tidur yang angkut2 barang (angkut barang ringan tepatnya, karena yg berat2 diangkut Pak Didin) :D

Ternyata barang saya ga sebanyak yang saya bayangkan koq. Semuanya masuk dengan damai ke mobil kijang, karena yaa si pacar pinter banget ngaturnya. Lagian sebagian kan emang udah dicicil. Hihi. Akhirnya, pada tanggal 31 Oktober 2012 siang, saya menutup pintu kamar kosan saya yang udah kosong (dengan dindingnya yang rusak akibat double tape. Ups. Maaf ya pak!), dan pulang lah saya ke Jakarta. Hmm, bye Bandung. Till we meet again!

*saya pasti akan ke Bandung lagi karena kemarin terakhir di Bandung ga sempet beli martabak asia dan makan di talago biru :9


No comments:

Post a Comment