Heaven!

Saturday, March 14, 2015

Liburan Impulsif

Hello!

Udah lama ngga nengokin blog *brb bersihin debu dan sarang laba-laba*
Well, cukup lama mood nulis saya hilang. Bahkan udah sempet lupa punya blog ini. Parahnya lagi, sempet lupa gimana cara ngepost! Pukpuk blog ku..

Pagi ini entah kenapa dapet niat nulis. Emang ya, inspirasi itu sering datang di bawah shower. Haha. Sebenernya cerita ini tentang perjalanan saya yang udah hampir setahun yang lalu sih, tapi ngga apa-apa deh ya saya mau share sedikit.

Berawal dari malam taun baruan bareng pacar dan temannya, sebut saja namanya Rajesh, yang juga membawa pacarnya, sebut saja namanya Pingkan (lhoh, kok malah sebut nama asli?), kami berempat niatnya mau liat fireworks di Bunderan HI. Kami udah standby di lokasi sejak jam 5 sore saking niatnya. Akhirnya, sambil nunggu tengah malam, mulai lah ngebolang di sekitaran sana. Pas udah sekitar jam 9an, mulai mati gaya dan gatau mau ngapain lagi, akhirnya kami leyeh-leyeh di sebuah cafe deket sarinah, lalu tercetus lah ide impulsif buat liburan bareng. Awalnya si pacar ngebet minta ke pulau komodo. Kalo saya sih kemana aja boleh asal pantaai. Sementara Pingkan dan Rajesh pun semangat ho-oh ho-oh aja. Hahaha.

Sejak saat itu, kami mulai cari-cari info how to get to Pulau Komodo, dan yang paling penting “BERAPA BUDGETNYA YAA?” Hahahaha. Penting itu, secara belom tajir-tajir amat :p. Lalu kami pun cukup patah hati karena astagaaa, tiket pesawatnya aja udah mahal banget. Si Pacar dan Rajesh sih enak karena dapet jatah gratis dari kantor. Lah saya dan Pingkan? Walaupun kedua pria itu udah dengan baik hatinya akan menanggung setengah tiket kami (karena di bawah ancaman. Muahaha), tetep aja garuda kan lebih mahal dibanding maskapai lain.

Akhirnya, pada suatu malam saya lagi iseng liat facebook, trus liat salah satu temen saya abis liburan ke Derawan. Pake travel w*satak*ta. Tring! Saya langsung mikir, hmmm kalau w*satak*ta udah bisa bikin trip ke Derawan, berarti aksesnya udah gampang dijangkau nih.
Fyi, Kepulauan Derawan ini masuk dalam Provinsi Kalimantan Timur dan terdiri dari beberapa pulau. Pulau besarnya yang seringkali dikunjungi untuk wisata antara lain Pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki, Maratua, dan Nabucco. Sebenernya saya udah lama denger tentang kepulauan ini, namun jaman dulu karena belum terlalu beken, aksesnya pun sulit sekali dan informasinya minim. Jiper dong mau kesana. Akhirnya Derawan disimpen dulu dalam list liburan.

Ini lho posisi nya Kepulauan Derawan
(Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Derawan)

Ternyataa, saya pun saat itu baru tau kalau Derawan udah mulai mainstream macem Karimun Jawa sehingga banyaaak banget travel yang menawarkan paket trip murah meriah.  Tapi ya tau sendiri kan kalo ikut travel jadinya kurang bebas dan jatohnya pun lebih mahal karena mostly paket yang ditawarkan maks 4D3N, padahal kami berencana leyeh-leyeh seminggu. Akhirnya, kami pun mulai cari-cari info buat jalan ngeteng sendiri kesana.

Kami pun menentukan waktu jalan yaitu tanggal 24 – 31 Mei 2014 (iya, 8 hari! Wohooo!). Alasannya adalah di minggu itu ada 2 tanggal merah, jadi kami cuma perlu ambil 3 hari cuti. Alasan sebenarnya: itu modus saya biar ulang tahun di Maratua. Huahaha. Lalu kami pun mulai cari tiket. Waktu itu kami udah beli tiket sejak Januari, jadi dapet cukup murah. Flight Garuda dengan rute Jakarta – Balikpapan – Berau pp hanya 2.3jutaan sajaa, which means cuma sekitar 1.1jutaan aja buat saya dan Pingkan karena dapet subsidi para pacar :p

Kami pun mulai booking penginapan dan transport dari Jakarta karena tanggal segitu pasti lagi rame-ramenya. Bener aja dong, kami hampir ngga dapet penginapan karena semuanya full booked. Bahkan kami ngga dapet nginep di Maratua Resort karena penuuuhh. Tapi akhirnya kami dapet guest house murah di Derawan, dan guest house yang okeee di Maratua.

Jadiii, untuk teman-teman yang mau jalan ke Derawan, ada baiknya booking penginapan dan transport sebelum berangkat ke sana, terutama kalau lagi peak season. Berikut hal-hal yang kami siapkan sejak di Jakarta:

1.       Tentukan mau ambil rute mana
Kalau dari Jakarta, Pulau Derawan bisa dicapai dengan 2 alternatif. Alternatif pertama adalah ambil flight Jakarta – Balikpapan – Tarakan. Dari Tarakan naik speed boat dengan waktu tempuh 2.5 jam. FYI, kalau dari Tarakan lebih dekat ke Maratua daripada ke Derawan, jadi menurut saya cocok untuk yang mau langsung ke Maratua. Alternatif kedua, ambil flight Jakarta – Balikpapan – Berau. Nah, ini rute yang kami ambil. Dari airport Berau ke Pelabuhan Tanjung Batu bisa naik mobil selama + 2.5 jam, lanjut nyebrang dengan speed boat + 30 menit.
2.       Booking mobil dan speed boat
Waktu itu saya dapet mobil Rush dengan harga sewa IDR 700rb untuk antar jemput dari hotel di Berau ke Pelabuhan Tanjung Batu. Untuk speed boat, saya dapet speed boat dengan kapasitas 5 orang (include pak supir) seharga 3 juta untuk dipakai selama 6 hari yang mencakup: Tj Batu-Derawan, Derawan-Kakaban-Sangalaki, Derawan-Gusung sekitar, Derawan-Maratua-dan sekitarnya, dan Maratua-Tj Batu. Sebenernya pas di Maratua, kami dealnya cuma mau minta anter main ke sekitar Maratua Resort, tapi karena si Bapaknya luar biasa baiknya, kami dianter main sampai daerah Payung-Payung yang lumayan jauuh. Akhirnya kami tambahin tipsnya, itung-itung buat nambahin beli solar. Hehe.
3.       Booking penginapan
Nah ini yang paling pe-er karena saat itu dimana-mana udah penuh. Kami booking penginapan di Berau, Derawan dan Maratua. Pada saat baru sampai di Berau, kami menginap di Hotel Sederhana (yang sesuai namanya) seharga IDR 396rb per malam include breakfast, dan saat mau pulang ke Jakarta kami menginap di Palmy Hotel (di seberang Hotel Sederhana) seharga IDR 570rb per malam include breakfast.
Pada saat di Derawan, kami menginap 3 malam di Wisma Aditya seharga IDR 200rb per malam. Lalu saat di Maratua, kami menginap 2 malam di Maratua Gueshouse seharga USD 40 per malam. Ohya, semua rate yang saya tulis adalah rate tahun 2014, untuk kamar dengan kapasitas 2 orang ya.
4.       Packing
Packing sebelum liburan adalah hal yang menyenangkan buat saya! Kayanya seneng aja gitu, packing sambil berkhayal nanti akan ngapain aja. Hihi. Yang perlu disiapkan ya standar mau jalan-jalan mantai lah ya, macem baju renang, alat snorkeling, sunblock, after sun lotion, kain bali, sandal jepit, dll. Ohya, penting banget buat bawa obat-obatan pribadi (dari mulai betadine sampai antihistamin) dan obat nyamuk. Penting banget juga untuk bawa salep luka bakar seperti M*bo atau semacamnya karena ternyata yaa di sana panasnya luar biasaa, jadi ada risiko sunburn yang cukup menyakitkan (seperti yang kami semua alami, terutama Pingkan :D)

Ohya info penting buat yang mau ke Derawan dan sekitarnya:
  1. Tidak ada ATM di kepulauan Derawan. Jadii, pastikan teman-teman siapkan cash yang cukup untuk keperluan selama di sana. Mengingat teman-teman otomatis akan bawa cash dalam jumlah yang cukup banyak, jadi hati-hati ya karena di penginapan (sederhana) ngga ada safety box. *boro-boro safety box, lemari aja gak ada :))*
  2. Operator selular yang aktif di sana hanya Telkomsel dan XL. Tapi yang paling kenceng sinyalnya tetap Telkomsel. Kalau XL harus cari posisi yang tepat dulu untuk dapet sinyal. Hehe.
  3. Penduduk sana logat bicaranya memang agak keras, jadi jangan kaget ya kalau denger mereka ngomong kaya marah-marah. Hahaha.
Nah, demikian persiapan kami ke Derawan. Untuk cerita gimana di sananya, tunggu next post yaa :D