Heaven!

Heaven!

Wednesday, May 27, 2015

Ganti SIM!

Agenda lain dalam liburan saya kali ini adalaaaah... Ganti SIM! Yap, SIM saya tahun ini akan habis masa berlakunya. Jadii, sebelum saya ulangtahun (ciyee!) dan mumpung ada waktu kosong di hari kerja, saya menyempatkan diri ke samsat kebon nanas untuk mengurus perpanjangan SIM. Sebenarnya samsat buka sih di hari Sabtu, tapi biasanya sabtu itu ramee banget.

Karena sebelumnya SIM saya hilang dan harus buat baru, jadi baru kali ini lah saya melakukan proses perpanjangan SIM. Proses penggantian SIM yang akan habis masa berlakunya ternyata gampang dan cepet banget dan jelas sama sekali ga perlu tuh pake calo-caloan. Berikut caranya:

1. Siapkan KTP dan SIM lama asli dan fotokopinya masing-masing 3 copies. Sebenernya di samsat ada fotokopian, tapi ya namanya juga satu-satunya jadi agak mahal. Saya fotokopi KTP dan SIM masing-masing 3 copies dikenakan biaya Rp 5000 di sana.
2. Datang ke samsat terdekat dengan berpakaian rapi dan sopan, lalu langsung menuju ke tempat "Cek Kesehatan". Judulnya doang sih cek kesehatan, nyata nya kita cuma diperiksa buta warna aja. Di tempat cek kesehatan ini, kita akan diminta fotokopi SIM lama 1 lembar dan bayar Rp 25.000
3. Setelah cek kesehatan, kita langsung menuju ke loket asuransi dan diminta fotokopi KTP 2 lembar dan SIM 1 lembar. Lalu, kita akan diminta bayar Rp 30.000 dan diberi kartu asuransi yang berlaku selama 5 tahun.
4. Dari loket asuransi, kita pindah ke loket BRI untuk melakukan pembayaran penggantian SIM. Untuk SIM A dikenakan biaya Rp 80.000, sedangkan SIM C sebesar Rp 75.000. Setelah dapat bukti bayar, kita pindah ke loket 1 untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, lalu kita akan diberi formulir  untuk diisi. Saran saya, bawa pulpen tinta hitam sendiri supaya ga antri pulpen.
5. Isi formulir sesuai data pada KTP dan SIM, lalu serahkan formulir yang telah terisi lengkap ke loket 1. Setelah itu, kita disuruh nunggu di depan loket 2 untuk diberikan nomor antrian foto.
6. Setelah dapat nomor antrian foto, kita menuju ke depan loket 3 dan menunggu dipanggil untuk foto, tanda tangan dan pengambilan sidik jari digital.
7. Selesai foto dan lain-lainnya itu, kita diminta nunggu di depan loket 4 (loket pengambilan SIM jadi). Ga sampe 10 menit, SIM baru saya udah jadi. Yeeaayy!

Gampang banget kaan? Total waktu yang saya habiskan hanya sekitar 30 menit. Ya karena hari kerja jadi lebih sepi sih. Hehe! Mungkin kalau Sabtu lebih rame dan lama kali ya. Tapi, menurut saya prosesnya gampang banget dan semua petunjuk ataupun harga terpasang dengan jelas. Jadi, ga perlu pake calo kan?

Cheers!

No comments:

Post a Comment