Heaven!

Heaven!

Friday, September 13, 2019

Titip ASIP di Hotel


Mau nostalgia dikit.

Ga berasa udah setahun sejak terakhir saya masih rajin bolak – balik dinas keluar kota sambil menggembol ASIP. Pada saat masih menyusui zapzap, pekerjaan saya yang mengharuskan keluar kota at least 2x dalam seminggu, membuat saya harus rela ber-rempong ria bawa perkakas pumping mulai dari breast pump, botol/kantong ASIP, ice gel sampe cooler bag.

Kalau mengenai gimana tips and trick pumping ASIP dan bawa ASIP keluar kota atau dalam perjalanan jauh, ga usah saya tulis lagi lah ya. Yakin deh di luar sana pasti banyak yang nulis tentang itu.

Kali ini saya mau nulis tentang drama pengalaman titip ASIP di berbagai hotel di belahan Indonesia (yaelah 12 hotel doang pake nyebut belahan Indonesia!).

Disclaimer dulu. Saya menginap di hotel – hotel ini dalam rangka perjalanan dinas yang dibayarin kantor. Pilihan hotel pun mostly ditentukan kantor ya. Klo pun ada pengalaman kurang mengenakkan, bukan berarti saya menjelekkan hotelnya. Ingat, apa yang terjadi di saya belum tentu kejadian juga di Anda (tapi bisa jadi kejadian juga HAHAHA). Teruuss, hotel – hotel yang akan saya sebutkan adalah standar bintang 3, atau bisa dibilang budget hotel, jadi harap maklum karena agak – agak terbatas juga.

Jadi di hotel mana aja saya pernah titip ASIP? Mulai dari yang paling nggak enak dulu hahahaha.

1.    Whiz Prime Hotel Manado

Well, sebenernya di sini saya ga sempet titip sih karena udah keburu pindah hotel. Jadi gini. Waktu itu karena hotel tempat biasa saya nginep lagi full booked, akhirnya saya pilih hotel ini karena secara lokasi sih strategis banget ya. Bersebrangan sama Tuna House pula, gimana ga bahagia kan.

Pas check-in, ada pengalaman tidak mengenakkan dengan FO nya. Makin naik darah pas saya bilang mau titip ice gel dan akan titip ASIP juga, mereka bilang NGGA PUNYA KULKAS. I was like, “whaaaat?”. Dan bener aja dooong ternyataa hahahahahuhuhuhu. Jadi mereka emang ga punya pantry gitu. Masih ga percaya, saya nanya, lah ga ada pantry gimana cara masak breakfast? Ternyata mereka catering dari luar gitu gengs.

Terus aku ditunjukin ke satu-satunya kulkas di hotel itu, which is kulkas buat staff, di ruang staff yang lebih mirip gudang. Kwaaa kwaaa, ternyata kulkasnya cuman kulkas 1 pintu, freezer nya kecil kan. Yang lebih parah lagi, freezernya penuh bunga es dan ga ada pintu nya. HAHAHA. Iya, kalau diinget sekarang sih lucu ya, tapi percaya lah waktu itu saya sampe nangis – nangis nelepon boss saya minta pindah hotel. Papa zapzap juga sampe panik dan langsung transfer uang buat cari hotel lain. Hahahaha. Untungnya masih bisa dicariin sama kantor, Alhamdulillah drama selesai~


2.    Grand Central Hotel Manado

Nyasar ke hotel ini juga karena Biz Boulevard full booked. Ternyata hotelnya so old, jadi serem hahaha. Asli nakutin banget menurut saya.

Di kamarnya ga ada kulkas ya. Jadi nitip di freezer kitchen nya.

Tips penting nitip ASIP di hotel: pastikan ngecek ice gel SETIAP HARI. Meskipun kita misalnya nginep 5 hari, tetep cek ice gel tiap hari. Dibilang rempong biar! Kenapa? Karena kalau ternyata freezernya ga memadai dan ice gel ga cukup beku, kita bisa minta pindahin atau cari alternative lain. Jangan sampe pas waktunya kita check-out dan bawa ASIP nya untuk perjalanan jauh, jadi zonk karena ice gel nya ga beku.

Di Grand Central ini entah laaah, ice gel ku ga beku. Kesel deh padahal udah berkali-kali minta pindahin. Entah dilakuin apa nggak. TERUS ASIP KU SEMPET ILANG JUGA. Menghilang 2 botol gitu, ternyata keselip. Kan mau ngamuk ya rasanya! Yang jelas emang staff nya terlihat don’t care gitu loh, makanya bikin mau marah aja.

Untungnya di sini cuma 3 hari. Pas check-out, saya sampe minta es batu banyak – banyak buat ditaroh di cooler bag.

Ice gel aja ga beku, apalagi ASIP. No more stay here, thank you.


3.    Lion Hotel Manado

Setelah insiden di Whiz Prime, saya pindah ke Lion Hotel. Di sini lumayan lah. Ada kulkas mini di kamar, tapi ngga ada dingin – dinginnya sama skali, hence tetep harus turun ke resto tiap abis pumping. Di sini kita bisa titip ice gel dan ASIP di freezer kitchen nya ya. Tapi musti udah diwanti-wanti agar ASIP dan ice gelnya ditaroh terpisah dari daging or ikan, tetep aja balik – balik ASIP dan ice gel saya bau amis. Hoeekk.

Untungnya saya tiap nitip ice gel dan ASIP selalu saya taroh di kantong plastik lagi gitu kan ya, jadi baunya cuma nempel di plastic luarnya aja.

Ice gel beku sih tapi nggak yang keras banget gitu. ASIP beku. Lumayan. Tapi tetep nggak mau balik ke sini lagi huhh.


4.    Fave A. Yani Banjarmasin

Ini lumayan. Di kamar ngga ada kulkas, jadi musti turun ke resto tiap abis pumping. Titip ASIP dan ice gel nya di freezer kitchen ya. Staff nya aware banget kok kalau titipan ASIP adalah amanah. Hahaha.

Ice gel beku sempurna, ASIP beku sempurna. Mama pun tenang dan senang.


5.    Fave Gubeng Surabaya

Ini juga lumayan. Di kamar ngga ada kulkas, jadi musti turun ke resto tiap abis pumping. Titip ASIP dan ice gel nya di freezer kitchen juga ya.

Di sini oke lah. Ice gel dan ASIP sukses beku sempurna.


6.    Biz Boulevard Manado

Sepanjang pengalaman di beberapa hotel di Manado, Biz Boulevard Hotel ini yang paling “ngeh” klo dititipin ASIP dan ice gel nya. Ga kaya hotel lain yang saya sebutkan sebelumnya, mereka langsung paham gimana memperlakukan ASIP dan ice gel nya.

Di kamar ngga ada kulkas sih, jadi kita kudu turun ke resto juga tiap abis pumping. Titipnya di freezer restonya gitu ya. Enaknya di sini, mereka ada kulkas 2 pintu dan deep freezer. Awalnya saya minta agar ice gel dan ASIP saya ditaroh di deep freezer aja, tapi mereka bilang deep freezernya banyak ikan dan daging. Hmm good sih, mereka care yaa. Akhirnya ditaroh di freezer kulkas 2 pintu nya yang emang pas aku liat bersih sih.

Ice gel dan ASIP beku sempurna. Luvv!


7.    Fave Daeng Tompo Makassar

Di sini oke juga sih, standar fave lainnya lah. Di kamarnya ngga ada kulkas, jadi tetep harus turun ke resto tiap abis pumping.

Ice gel beserta ASIP nya beku sempurna. Siip!


8.    Maxone Malang

Tidak seperti hotel – hotel di luar Pulau Jawa, para staff hotel di Pulau Jawa cenderung lebih ngeh juga ya kalau kita titipin ASIP. Kaya emang mereka udah terbiasa aja dititipin ASIP di freezernya, jadi kita ngga perlu terlalu banyak briefing.

Di Maxone ini ngga ada kulkas juga sih di dalem kamar, jadi kita titip ASIPnya ya seperti biasa di freezer kitchen. Bahkan karena lagi males nyuci botol dan corong bekas pumping, saya pernah nitip sekalian corongnya buat ditaroh di kulkasnya dan mereka oke-oke aja. Pas saya mau minta juga mereka langsung ngeh “sama botol dan corongnya juga ya bu?” Hahahaha baiklah.

Di sini juga pernah ada tragedi receh karena kebodohan diri sendiri. Jadi waktu itu saya pernah bawa botol ASIP nya dikit karena toh udah mulai seret juga ASI nya. Eh ternyata pas malem sebelum pulang, semua botol udah penuh, tapi masih harus pumping. Itu jam 9 malem. NYARI BOTOL / KANTONG ASIP KEMANA DEEH?

Akhirnya saya ke indomaret sebelah lobby, beli UC1000. Isinya saya minum, botolnya saya pake buat ASIP. Namanya juga darurat ya cyin. Hahaha!

Jadi itu sisi positif nya, ada indomaret di sebelah lobby yang berjasa untuk keadaan darurat :D

Di sini selalu happy juga karena ASIP dan ice gel nya beku sempurna. Yeaayy!


9.    Amaris Malang

Di sini lucu. ASIP dan Ice gel yang kita titip ditaroh di ………. Freezer es krim w*lls di lobby! Hahahaha. Antara enak karena gampang ngontrolnya sama deg-degan takut dibeli ama orang *yakaliii.

Tapi tenang, titipan kita ditaroh di bagian bawah kok, di bawah rak es krimnya, jadi nggak yang langsung keliatan gitu loh.

Cencu saja ASIP dan ice gel nya sukses beku sempurna ya. Ohya lupa, ngga ada kulkas juga ya di kamar, jadi bolak-balik turun ke lobby deh abis pumping.


10.  Ibis Styles Malang

Sebenernya di hotel ini ada kulkas ya di setiap kamar. Tapi entah kurang beruntung atau gimana, saya selalu dapet kamar yang kulkasnya nggak dingin sama sekali. Udah pindah kamar juga tetep aja begitu. Jadi mari kita anggap saja tidak ada kulkas ya.

Kita bisa titip ASIP beserta ice gel nya di resto nya. Sama kaya Amaris, nanti ASIP dan ice gel nya ditaroh di freezer es krim gitu. Enak siih, jadi bersih kan ya ga kecampur-campur bahan mentah. Trus ngontrolnya juga gampang karena kita bisa liat langsung sendiri.

Memuaskan karena ASIP dan ice gel nya beku sempurna~


11.  Holiday Inn Express Semarang

Ada kulkas di kamar yeeaayyy! Alhamdulillah kulkasnya pun bukan sekedar pajangan. Beneran dingiiiinn woohooo! Sueneng banget tiap nginep di sini karena ga perlu repot cuci botol dan corong tiap abis pumping. Cuci – cuci cukup sehari 1x aja karena sisanya disimpen di kulkas gitu kan. Tiap abis pumping pun bisa simpen kulkas dulu, ga perlu langsung turun ke resto.

Di sini staff nya sih udah familiar banget sama ASIP. Biasanya titipan ASIP dan ice gel nya mereka simpenin di freezer bar nya. Tapi beberapa kunjungan terakhir, entah ya kok kayanya freezernya gak sedingin itu lagi karena pas saya cek harian, ASIP saya ngga beku. Sejak saat itu, saya minta agar ASIP dan ice gel saya disimpen di freezer kitchen aja.

Klo di sini tetep harus cek harian ya. So far oke kok, ASIP dan ice gel selalu beku.


12.  Gunawangsa Manyar Hotel Surabaya

Di sini paling luuuvvv!

Karena …….

Di dalam kamar ada kulkas beserta freezernya! Tetep kulkas mini sih, freezernya pun pasti lebih mini yah. Tapi lumayaan bisa naroh beberapa kantong/botol deh seinget saya. Beneran bisa beku!

Ice gel tetep saya titip di freezer kitchen karena gak muat lah di kulkas kamar.

Di sini ASIP saya pernah ketinggalan -_____-

Tapi baik banget loh orang hotelnya nelepon! Tapi karena saya udah keburu mau ke airport, jadi ya sudah lah saya relakan ASIP itu dibuang aja. Untungnya cuman 1 botol sih.


Begitu lah pengalaman saya di beberapa hotel di beberapa kota (halah). Ga punya pengalaman titip ASIP di hotel mevvah karena hey siapa Anda kok berani minta hotel mevvah untuk perjalanan dinas?! HAHAHAHA  oke sip.

No comments:

Post a Comment