Heaven!

Heaven!

Wednesday, December 26, 2018

Zapzap Siap - Siap ke Jepang!



Setelah memutuskan bahwa “oke, tahun ini Zapzap InshaAllah akan ulangtahun di Jepang”, mulai lah aku dan papa zapzap prepare rencana liburan kami.

Berhubung ini pertama kalinya kami bawa anak bayik keluar negeri, lama pula hampir 2 minggu, aku lumayan senewen dan deg-degan juga. Maklum ya, aku kan orangnya rempong banget. Bayangin aja, sampe Zapzap umur hampir 2 tahun, aku ke mall tetepp bawa diaper bag yang isinya lengkap mulai dari diapers 4 biji, baju ganti min 2 pasang, minyak telon, tissue basah, dll itu. Udah kaya bawaan newborn gak sih? Hahaha. Nah makanya awal-awal aku sempet yang kaya duh bisa gak ya iniii?

Ohiya, aku jelasin dulu ya kondisi kami pas jalan-jalan kemarin. Karena gimana pun, prepare liburan itu gak bisa saklek sama diterapkan ke semua orang. Balik lagi ke kondisi masing-masing keluarga..


1.      Kami pergi bertiga. Aku, papa Zapzap, dan Zapzap yang usia nya almost 2 years.
2.      Zapzap udah bisa makan makanan dewasa à jadi gak pusing mikirin MPASI
3.      Zapzap masih pake diapers all day
4.    Kami pergi tanggal 16 – 28 Nov 2018, lagi autumn season jadi suhu nya udah dingiinn. Please note juga bahwa saat autumn, sunrise di sana sekitar jam 06.30 pagi, sunset jam 17.00. Means, hari nya pendek banget!
5.    Karena kami termasuk golongan kelas menengah, jadi kami liburan ngeteng jalan sendiri aja, ga pake tour.

Nah, beberapa hal yang kami prepare demi menjaga kelancaran dan kewarasan selama liburan antara lain:

1.               Paspor

Modal utama untuk keluar negeri!


2.       Tiket PP

Alhamdulillah yah rejeki anak soleh, untuk trip ini kami bertiga bermodalkan tiket gratisan fasilitas dari kantor papa Zapzap. Jadi sekitar H-3 bulan berangkat, kami baru issued tiket. Perkara tiket ini juga ada aja drama nya. Awalnya kami udah prepare bakal pergi 11 hari aja, tanggal 16 - 26 Nov 2018. Berangkat CGK-KIX, pulang HND-CGK. Pas mau issued tiket, ternyata kita baru tau kalau ada perubahan ketentuan dalam request tiket itu. Tiket yang bisa diminta hanya PP dari kota yang sama dan harus direct flight 22nya. Akhirnya kita memutuskan untuk extend 2 hari lagi dan balik ke Osaka untuk ambil direct flight dari sana. Mayan yaa nambah 2 hari hihi.

Waktu itu kami dapet tiket GA CGK-KIX dan KIX-CGK totalnya sekitar 12jutaan per orang ya. Tapi kayanya kalau cari dari jauh-jauh hari dan cari dari airline lain, harusnya sih bisa lebih murah.


3.       Visa

Karena kami pemegang paspor elektronik, untuk ke Jepang kami hanya perlu waiver visa. Pasti sering dong denger kalau pake epaspor, kita bisa bebas visa ke Jepang. Well, ga bebas sepenuhnya sih. Dalam artian, kita gabisa tuh ucuk-ucuk ke Jepang cuman bawa epaspor doang. Tetep kudu ada stiker visa waiver di paspor kita. 

Cara dapetnya gampang banget gengs. Kita cuman perlu dateng ke Kedutaan Besar Jepang (lokasinya bisa googling yes). Isi formulir (bisa didownload sebelumnya di sini), bawa paspor, kasihin ke loket. Besoknya udah bisa diambil. Udah gitu doang! Super simple dan GRATIS! Waiver visa ini berlaku 3 tahun dengan waktu tinggal masing-masing kunjungan max 15 hari.

Untuk urus waiver visa ini, bisa diwakilkan ya, asal masih 1 keluarga. Waktu itu aku urus buat Zapzap dan Papa Zapzap juga. Jangan lupa bawa fotokopi KK untuk membuktikan kita memang satu keluarga.


4.       Itinerary

Untuk trip 13 hari kira-kira begini itinerary kami:

day 1: depart from CGK
day 2: arrival at KIX
day 3: Osaka - Kobe
day 4: Osaka - Kyoto (Fushimi Inari, Kiyomizudera)
day 5: Osaka - Kyoto (Arashiyama)
day 6: Osaka - Takayama
day 7: Daytrip to Shirakawago
day 8: Takayama - Tokyo
day 9: Explore Tokyo
day 10: Explore Tokyo
day 11: Tokyo - Osaka
day 12: Osaka (USJ)
day 13: depart from KIX

Pokoknya aku dan papa Zapzap udah set expectation seminim mungkin karena yaa namanya bawa anak, pas autumn season pula dimana hari pasti berasa lebih pendek, jadi ya kita ga nyoyo tiap hari musti ke banyak tempat. Jadi dari awal kita sengaja plan ke satu atau dua tempat aja dalam 1 hari, dan kita sama sekali ga plan untuk keluar malem.


5.       Akomodasi

Untuk urusan akomodasi, kemana lagi lah kita bergantung kalo bukan sama agoda, traveloka dan airbnb. Haha!

Untuk akomodasi 5 hari pertama di Osaka, kami sengaja cari apartemen aja. Why? Karena pertimbangan di apartemen kita bisa nyuci baju. Pentiingg ini karena kami ga punya baju sebanyak itu gamau bawa baju terlalu banyak, jadi kami berencana bawa baju buat 3-4 hari aja sisanya ya nyuci aja. Cuci kering pake. Cuek lah, toh kami bukan selebgram yang OOTD nya dilihat sejuta netijen. Masing-masing bawa baju untuk 3-4 hari aja tetep loh kami pergi bawa 2 koper medium dan 1 koper cabin. Apalagi klo kami bawa baju buat 13 hari. Bisa sakit kepala :)). Ih kenapa banyak amat bawa baju? Inget siiss, kami pergi pas autumn yang notabene udah mulai dingin, Jadi baju udah kudu layering. Kudu bawa coat juga.

Balik lagi ngomongin penginapan, di Osaka kami cari apartment di airbnb dan dapet di daerah Ueshio, Tennoji-ku. Rate nya mayan bersahabat, sekitar USD 410 untuk 4 malam. Karena sebelumnya udah tau kalau apartment di Jepang ukurannya mini, jadi ya kita ga expect banyak. Ternyata apartment nya ok banget lho. Untuk ukuran Jepang, termasuk gede sih. At least, untuk 2 adults and 1 toddler, space nya lumayan lahh. Host nya pun baik banget. Kami dijemput di bus stop jadi ga perlu bingung-bingung nyari jalan. Selain itu, apartment nya lengkaapp mulai dari handuk dan peralatan mandi, perlengkapan masak, cuci baju sampe bersih-bersih pun tersediaa. Lokasinya juga strategis banget, deket sama subway tanimachi line dan family mart. Kebahagiaan ibu-ibu tuh simple ya. Hahah.

Untuk di Takayama, kami sengaja mau coba nginep di Ryokan. Berbekal info dari mom @elizabeth.zenifer , kami nginep di Honjin Hiranoya Annex. Rate nya sekitar JPY 56.000 untuk 2 malam. Mahal? Gak sama sekali klo kalian udah tau apa yang bakal kalian dapet. This Ryokan is absolutely perfect if you're looking for an authentic japanese experience with affordable price! Untuk ryokan ini aku bakal tulis post terpisah karena berkesan banget buat aku yang ndeso ini.

Untuk di Tokyo, kami memutuskan untuk sewa apartment lagi. Cari lagi di airbnb dan dapet di daerah Kita-Magome, Ota  dengan rate sekitar USD 326 untuk 3 malam. Yaampuun, rumahnya cantik, luas, super deket sama stasiun subway, dan host nya pun baiiikk banget. Penginapan yang kami dapet ini modelnya rumah ya. Jadi space di lantai bawah (terdiri dari 1 kamar tidur, living room + kitchen, kamar mandi dan toilet) bisa kami pakai semua, while host nya sendiri tinggal di lantai atas. Akses masuk pun beda jadi guest tetep dapet privacy. Sama seperti pas di apartment Osaka, host di Tokyo ini pun nyediain semuamua nya lengkapp jadi kami bener-bener nyaman lah.

Last 2 days, kami bakal balik lagi ke Osaka. This time, we decided to book hotel room near USJ, karena tujuan utama kami emang cuman mau ke USJ trus besoknya udah pulang lagi ke Indo. Jadi lebih simple sewa kamar hotel aja. Cari yang deket USJ biar klo pulang agak malem ga keburu cape di jalan. Kami cari hotel di Traveloka dan nemu La'gent Hotel dengan rate sekitar IDR 1.6juta per malam include breakfast. Hotelnya bintang 3 ya, jadi ya standard aja. Lokasinya enak, deket sama stasiun sakurajima, ke USJ pun tinggal jalan kaki 10 menit. Seven eleven juga ada di sebelah hotel, jadi ga pusing cari makan. Plus poinnya, receptionist nya ada orang Indonesia!


6.               Transportasi

Kenapa transportasi perlu dipikirin banget dari awal? Karena kami udah tau banget selama di sana kami pasti ngandelin train untuk transport kemana-mana. FYI, di Jepang, especially di kota besarnya kaya Osaka, Kyoto dan Tokyo ya, akses kereta nya guampang banget dan bener-bener menjangkau semua area. Ibarat kata, kalau di Jakarta kita keluar komplek ke jalan raya ketemu angkot, di sana tuh ketemu akses subway. Tiap berapa meter ada akses subway, kebayang kan di bawah tanah sana udah pasti guedeee banget stasiunnya.

Line kereta di Jepang pun udah kaya wafer tango. Ratusan? Lebih! Hahaha lebay ya.

Udah gitu, Jepang sangat tourist friendly ya, jadi ada banyak pass yang ditawarkan untuk mempermudah dan mempermurah perjalanan kita. Tapiii, biar gimana pun, saran aku sih kita jangan sembarang beli pass yang umumnya menawarkan banyak sekali keuntungan ya. Kita harus sesuaikan dengan itinerary kita dan dimana kita nginep. Duh ribet amat sis? EMANG!

Untuk trip kali ini, aku decide beli JR Pass 7 days yang akan aku activate mulai hari ke-5 sehingga bisa dipakai sampai hari ke-11. Kenapa ga beli yang sekalian 14 days? Gak worth sis, secara aku nginepnya di apartment yang deketnya ke subway station dan pas aku cek tujuan jalan-jalan kami pun lebih gampang pake subway dibanding JR trains. Jadi sebenernya aku perlu JR pass buat naik shinkansen dari Osaka ke Takayama, lalu ke Tokyo, lalu balik lagi ke Osaka, yang setelah ku hitung-hitung lebih murah pake JR pass dibanding beli ngeteng. 

Cara ngitung dan bandingin cost nya gimana? 

Kalian bisa pake google maps atau hyperdia. Tinggal masukin aja dari mana mau kemana, lalu akan muncul pilihan rute beserta cost nya. Cek satu-satu, catet, trus jumlahin semuanya. Trus bandingin deh sama harga JR pass. 

Misal JR pass 7 days harganya kan JPY 29.110, ya tinggal bandingin aja total yang tadi kita hitung lebih murah atau lebih mahal? Klo ternyata beli ngeteng lebih murah ya gausah beli. Kalau JR pass lebih murah, ya beli laahh. Kalau gamau ribet gimana? Kalau punya budget tak terbatas, ya saran aku beli ajaa karena punya pass lumayan memberikan ketenangan ya. At least di JR station kita tinggal nunjukin pass nya aja dan langsung bisa melenggang masuk. 

Atau untuk hitung simple nya gini, tiap naik shinkansen antar kota, cost nya rata-rata JPY 10.000 - JPY 15.000. Kalau dalam 7 hari kita naik shinkansen >2x, cukup worth lah beli JR pass.

Untuk beli JR pass ini juga kita musti pinter-pinter cari travel agent yang terpercaya tapi dengan harga yang bersahabat ya. Aku sendiri beli di Kenikura hasil rekomen temen yang ternyata emang trusted dan paling murah dibanding travel agent lainnya.


7.               Tiket Atraksi

Aku sengaja beli tiket Universal Studio Japan (USJ) dari Indo aja karena gamau pusing-pusing cari atau antri tiket di sana. Setelah bandingin harga di beberapa travel agent, lagi-lagi aku beli di Kenikura. Laff banget deh sama travel agent satu ini. Hihi.


8.               Portable Wi-fi

Internet connection is a must if you want to travel to Japan. Demi keeksisan di social media kelancaran perjalanan, kami memutuskan untuk sewa modem wifi aja. Awalnya kami consider mau pake XL pass di 1 hp aja lalu tethering ke hp lain. Tapi pas cari-cari info, katanya sinyal XL belum terlalu bagus di daerah Takayama dan Shirakawago. Akhirnya yaudahlah kami sewa modem aja. 

Kami sewa modem wifi di HIS travel dengan harga sekitar IDR 750ribu untuk 12 hari (plus deposit IDR 500rb). Dan baru kami sadari, klo traveling berdua mending sewa modem aja sekalian beneran deh! Lebih murah, lebih simple, ga ngabisin batere handphone juga. Aku pun rekomen banget sewa modem wifi di HIS karena sinyalnya udah jaminan baguuss lancaarr sepanjang perjalanan.


9.               Tuker Duit

Penting yaa! Gampang lah, tinggal pergi ke money changer aja. Yang sulit ya nabung ngumpulin duitnya.

Karena JR Pass, sewa apartment dan hotel, dan tiket USJ udah dibayar sejak di Indo, jadi kami cukup nyiapin cash untuk makan dan transport lainnya aja. Itungan kasarnya, tiap makan kami budgetin JPY 1500 per orang, lalu ada budget jajan di convinience store kira-kira JPY 1000 per hari, trus budget subway kurleb JPY 1000 per orang per hari. Tinggal dikali jumlah hari nya aja. Buat belanja juga aku budgetin secukupnya aja karena papa Zapzap udah punya niat mulia yaitu beli gundam dan tamiya :D

Untuk tuker uangnya, saran aku tuker pecahan gede aja ga masalah. Tukerin ke pecahan JPY 10.000 gitu, biar ga terlalu tebel bawa nya nanti. Trus jangan lupa kudu wajiibb bawa dompet koin ya, karena nanti pas di sana udah pasti tuh lembaran uang akan berubah wujud jadi koin. 

Nah saran lagi, pas di sana nanti, utamain abisin koin dulu. Pokoknya sebisa mungkin bayar pake koin dulu aja deh biar ga beratt. Jangan kaya aku, karena males milih-milih koin pas bayar, udah gitu aku mikir kan gaenak ya nanti kasirnya keburu kelamaan nungguin aku milihin koin, trus masa bayar pake recehan gitu, alhasil ada hari dimana aku merasa dompetku jadi berat banget. Pas aku hitung koinnya, yaampuunn nyampe 2000 yen aja doongg. Iiihh kan lumayaann buat makan! 

Akhirnya besoknya pas makan, aku bayaarr aja pake semua koin. Kasirnya oke-oke aja lho. Lha gimana, ternyata mesin kasirnya canggih gitu. Mereka tinggal masukin tumpukan koin itu, trus mesinnya automatically ngitung. Lah panteess mereka santai aja yhaa. Kebayang kalo di Indo, pasti penjual udah manyun tuh klo dibayar pake tumpukan koin!


10.            Belanja Autumn Outfit

Uniqlo my laafff! 

Intinya, cek accu-weather dulu buat tau kira-kira berapa temperature pada saat waktu trip kita. Pas tanggal 16-28 Nov 2018 lalu, udah mulai deket peak autumn tuh. Kisaran suhu nya 10-16oC di Osaka, Kyoto dan Tokyo, dan -1-9oC di Takayama dan Shirakawago.

Karena di Osaka, Kyoto dan Tokyo masih "lumayan" anget, sedangkan di Takayama dan Shirakawago udah lebih dingin, jadi aku prepare masing-masing bawa 1 coat/jaket tipis dan 1 down jacket. Again, karena kami hanya rakyat biasa (bukan selebgram), jadi bawa 1 coat tipis dan 1 down jacket aja cukup laah. Paling ya bosen aja nanti difoto itu-itu mulu bajunya. Sisanya banyakin bawa layering, mulai dari heat tech, mid layer, sweater. 

Untuk trip 13 hari kemarin, ini yang aku siapin:

Buat aku dan papa Zapzap (masing-masing):
- 3 heat tech extrawarm
- 3 long sleeve shirt
- 2 sweater
- 3 heat tech legging
- 2 jeans
- 3 pasang kaos kaki
- 1 topi
- 1 syal
- piyama 2-3 pasang

Buat Zapzap:  
- 6 heat tech --> heattech uniqlo size baby hanya ada yang standard (gaada extrawarm), tiap pake dobel 2
- 3 heat tech legging
- 3 fleece legging
- 4 long pants
- 3 long sleeve shirt
- 4 sweater
- piyama 2-3 pasang.

Sekian persiapan yang sekiranya bisa aku sharing. Next aku akan tulis cerita di masing-masing hari ya ;)

Cheers!

No comments:

Post a Comment