Heaven!

Heaven!

Friday, December 28, 2018

Japan Trip : Irit dan Anti Ribet!


Sampe sekarang aku masih amazed  ya, gimana system di Jepang tuh dibuat sedemikian rupa sehingga mempermudah hidup semua orang. Plus, Jepang tuh sangat tourist friendly, ya at least menurut aku. Jadi yang namanya traveling ke sana, walaupun jalan ngeteng sendiri pun, bisa gampang banget dan bisa banget lho hemat irit tanpa jadi sengsara. Gimana caranya?


1.          Transportasi

Udah bukan rahasia lah ya kalau kereta jadi pilihan transportasi utama di sebagian besar kota di Jepang. Bagi kita yang ngga terbiasa, mungkin awalnya bakal jiper ngeliat line kereta di sana yang saking banyaknya sampe klo ngeliat peta bentuknya udah kaya benang kusut. Belom lagi klo beli single trip ticket, kita ga hanya harus tau dimana kita akan turun, tapi kita juga kudu tau cost nya berapa karena di sana single trip ticket itu dijual per cost trip.

Jadi gini, misal kita mau pergi dari station A ke station B, costnya JPY 170. Naah di vending machine kita beli tiket harga JPY 170. Misal kita mau pergi dari station A, transfer di station B, lalu lanjut ke station C, kita kudu jumlahin total cost nya berapa dan beli tiket yang sesuai dengan total cost yang kita perlukan.
 Untuk mempermudah hidup, beli lah Icoca card. Icoca card itu klo di Indo kaya emoney lah ya. Di sana ada beberapa emoney card yang dikeluarin perusahaan yang beda-beda. Ada Icoca di Osaka, Pasmo atau Suica di Tokyo, atau masih ada yang lain lah. Tapi intinya penggunaannya sama. Kita isi sejumlah uang ke kartunya, lalu tiap mau dipake ya tinggal tapping aja. Kartunya bisa dipake buat naik kereta, naik bus, beli minum di vending machine, sewa loker, dll.


Trus cara tau kita musti naik kereta yang mana gimana qaqa?

Pake google maps! Sebenernya ada juga beberapa apps lain, tapi pengalaman kemarin pake google maps sih lancar-lancar aja. Btw, google maps udah lengkap dan detail banget gengs, mulai dari rute sampe cost nya. Petunjuk di station pun sangat sangat jelas. Klo masih bingung, tinggal tanya sama petugas and they’re happy to help you.

Pluss, di sana kereta super ontime ya! Ontime dan frekuensinya pun tinggi. Tiap 2-3 menit ada. Gimana gak bahagia :))


2.          Makan

Budget makan di Jepang sebenernya bisa banget dihemat. Memang sih, klo makan di resto, rata-rata kita bakal menghabiskan JPY 1000 – JPY1500. Ini yang standard ya. Kalau mau lebih hemat gimana?

Convenience store to the rescue! Hahahaha.

Convenience store paling banyak di Jepang tuh family mart atau 7-eleven. Lawson juga ada. Gilaaa, aku cinta mati sama family mart dan 7-eleven huahaha.

Selain jualan kebutuhan sehari-hari layaknya indomaret di Indo, di family mart kita juga bisa beli makanan seperti onigiri, bento, goreng-gorengan (ayam, sosis), dll. Murah dan ENAK! Tapi bagi yang muslim hati-hati ya. Musti dipilih-pilih banget mana yang ga mengandung pork.

Sebagai gambaran, onigiri cuman sekitar JPY 130. Bento kisaran JPY 500 – JPY 600. Ayam goreng klo ga salah sekitar JPY 500 juga. Sosis aku ga pernah beli karena walaupun beef, aku ga yakin ga ada campuran pork nya.

Jadi saat di Jepang kemarin, tiap malem aku selalu mampir ke family mart buat belanja onigiri dan telur. Nyampe apartment, simpen di kulkas. Besok paginya, tinggal angetin deh onigiri nya di microwave. Telurnya bisa direbus atau digoreng suka-suka. Simple banget gak report sama skaliii.

Klo zapzap malem masih laper juga aku suka beli ayam gorengnya. Trus beli onigiri yang cuman salted rice gitu. Dimakan bareng ayam goreng udah enaakk. Ini makanan anti gagal lah klo buat zapzap mah. Doyan banget dy.

7-eleven malah lebih lengkap lagi. Selain berbelanja, di sana kita bisa fotokopi, cetak foto, sampe kirim barang. Klo di Indonesia kan buah potong ya standard lah ya, semangka, melon, papaya, buah naga. Di sana aku bahkan nemu APEL. Gila ya orang jepang, apel aja dikupasin dan dipotongin!


3.          Hassle-free travel

Pernah khawatir ga sih klo mau traveling di Jepang, tapi bawaan kita banyak? Sebagai golongan kelas menengah, kita ga akan mampu rela untuk naik taxi. Trus kebayang gak kaya aku kemarin ya, bawa koper gede 2, koper kecil 1, stroller, ransel, plus bayi yang tak bisa diam, gimana tuh kalau kudu naik kereta yang bisa 2-3x transfer? Bhay aja aku mah.

Tak perlu kuatir, kita bisa KIRIM koper dan barang-barang kita duluan ke kota selanjutnya. Ya kaya pake JNE gitu lah, tapi ini dijamin aman dan ONTIME. Enaknya lagi, kita bisa specifically request kapan kita mau si koper dateng.

Misal kaya aku kemarin ya, dari Osaka mau ke Takayama, lalu lanjut ke Tokyo. Karena di Takayama cuman 2 hari, aku ke Takayama cuman bawa 1 koper medium aja yang isinya baju dan perlengkapan yang diperlukan selama 2 hari. 1 koper medium dan 1 koper cabin (koper cabin aku masukin ke koper medium) aku kirim langsung ke Tokyo. Aku kirim pake shipping service Ta-Q-bin. Aku bawa lah itu koper yang mau dikirim ke counternya Ta-Q-Bin (bisa googling aja dimana counter terdekat dari tempat kalian), atau simply bawa ke 7-eleven. Klo kita nginep di hotel malah lebih gampang lagi karena biasanya receptionist bisa bantu untuk kirim.

Biaya nya juga sama sekali gak mahal! Mereka itung berdasarkan dimensi. Kemarin koper medium ku kena sekitar JPY 1500 untuk pengiriman dari Osaka ke Tokyo. Sangat worth it dibanding kita harus gerek-gerek koper naik turun kereta. Udah lah rempong, kena social pressure pula diliatin orang-orang satu gerbong.

Pas di Tokyo juga begitu. Semalem sebelum balik ke Osaka, aku kirim 2 koper medium plus stroller ke hotel di Osaka. Kali ini aku nyoba kirim lewat 7-eleven. Untuk pengiriman 3 pieces barang tersebut kami kena sekitar JPY 5200. Sebanding lah sama kebahagiaan yang didapat. Hahah! Jadi pas balik ke Osaka, kami cuman lenggang kangkung bawa 1 koper cabin aja. Ciyeh!


4.          Nyuci!

Biar ga terlalu banyak bawa baju, nyuci baju bisa jadi alternatif penolong. Apalagi kalau kita travelingnya saat musim yang mulai dingin ya, dimana bawaan baju pasti lebih banyak karena harus layering, belum lagi bawa coat.


Kalau berencana nyewa apartment, cari aja yang ada mesin cuci nya. Trus pastikan kalau host nya nyediain detergent atau nggak, trus ada balkon atau nggak, atau dimana kita bisa jemur baju. Kalau nginep di hotel, ya cari tau aja ada fasilitas laundry nya apa nggak. Beberapa hotel malah ada coin laundry yang memungkinkan kita nyuci lebih murah dibanding laundry satuan.

Ribet amat kudu nyuci segala? Trus kudu seterika juga?

Ya nggak laahh. Percaya lah, aku sama pemalasnya seperti kalian. Abis baju kering, langsung lipet aja. Kecuali klo yang emang kusut banget ya boleh lah (minta tolong suami atau siapa pun yang bersama kalian) untuk seterika.


5.          Cari wisata gratisan

Kalau traveling bawa anak, pasti pinginnya ke theme park lah ya. Theme park di Jepang macem USJ, Disney Land, Disney Sea, dll itu menurutku tergolong agak mahal ya tiket masuknya. Belum lagi kalau ke sana kita pasti tergoda untuk belanja souvenir lucu-lucu yang mana kuat lah klo nggak belii. Belum makan siangnya. Belum jajan cemilannya. Waahh bangkrut bos!

Tapi ya gakpapa kalau emang bisa bikin anak seneng ya.


Sebagai penyeimbang, di hari lain kita bisa cari objek wisata yang gratis aja. Kebanyakan kuil di Jepang gratis. Bisa juga cari taman yang gratisan. Kalau di Takayama yang cenderung masih ndeso, jalan-jalan di town nya aja udah happy banget karena duh cantiknyaaa rumah rumah jepang itu. Di Kyoto juga gitu, sekedar jalan santai aja udah banyak yang bisa diliat. Window shopping juga seru, liat barang lucu-lucu (tapi nggak dibeli) sambil merhatiin iklan-iklan yang “jepang banget”. Anak happy, mama papa juga happy.


6.          Belanja oleh-oleh

Semacam wajib ya kalau kamu orang Indonesia. Kalau ngga bawa oleh-oleh bisa dinyinyirin semua orang. LOL.

Cari oleh-oleh irit di Jepang gampang-gampang susah sih ya. Secara kita pasti merasa berkewajiban bakal beli banyak karena ya siapa aja coba yang bakal dikasih? Mama, papa, adik, kakak, om, tante, kakek, nenek, tetangga sebelah, temen kantor, siapa lagi? Sebut sebut. Tambah panjang pasti list nya. Ya gimana, satu dikasih, masa yang lain ngga? Lumanyun kan.

FYI, oleh-oleh mainstream macem magnet kulkas, kipas, gantungan kunci atau sumpit itu mayan mahal loh. Beli satuan ya murah, tapi kalo beli sampe lusinan ya bangkrut bos! Rata-rata souvenir gitu harganya JPY 300 – JPY 600 lah. Atau biasanya sumpit JPY 1000 isi 3 pasang. Iyes, hampir mapuluhribu rupiah. Mahal amaatt mending buat jajan eskrim!

Udah lah beli kit-kat aja paling bener deh hahaha. Kit-kat buanyaakk dijual dimana-mana, harganya sekitar  JPY 300 – JPY 500 isi 12 biji kecil-kecil. Kemarin aku beli banyak di Don-Q.

Klo mau cari skincare atau health care, sebenernya di Don-Q juga banyak. Tapi saran aku, mending cari di matsumoto kiyoshi karena lebih murah. Kemarin aku nyesel banget udah borong koyo banyak-banyak di Don-Q, eeh ternyata di matsumoto kiyoshi lebih murah T.T

Oya klo belanja, cek-cek juga ya buat cari dimana yang bisa tax free. Lumayan lho dipotong 8%. Syaratnya cuman nunjukin paspor aja pas bayar. Terms and condition untuk tax free shopping bisa baca di sini ya.


Yes, Jepang mahal. Tapi bisa banget tetep irit kok!

Cheers ;)



No comments:

Post a Comment