Heaven!

Heaven!

Wednesday, December 26, 2018

Zapzap Berangkat ke Jepang!


Setelah persiapan berbulan-bulan, ga berasa tau-tau udah masuk Bulan Oktober aja. Di Bulan Oktober, jadwal keluar kota aku lagi padeett banget yang beneran hampir tiap minggu adaa aja keluar kota. Tau-tau udah November aja. Makin deket berangkat makin gak konsen kerja tapi ya gimana justru harus dikebut biar bisa cuti dengan tenang kan ya.


Packing aja aku mulai dari H-2 minggu berangkat loh guys. Haha! Ya gak tiap hari selama 2 minggu itu aku packing sih. Cuman 2 weekend sebelum berangkat aku habiskan buat cicil-cicil masukin barang ke koper. Sampe akhirnya H-1 berangkat udah tinggal final check aja yang jadi tugas papa nya Zapzap.

off we go!

Untuk barang-barang ya standard aja lah ya. Apa sih, paling baju, obat-obatan (penting yaa pliiss kudu bawaa!), susu zapzap, botol susu, sikat sedotan, tissue basah, charger, universal adaptor, sendok zapzap (pentingg ya karena di resto sana jarang ada sendok). Toilettries aku ga bawa sama skali, cuman bawa sikat gigi dan odol aja. Plus sedikit skincare. Make-up cuman bawa pensil alis, lipstik sebiji sama eye liner. Toilettries zapzap aku bawa lengkap mulai dari sabun top to toe, lotion, baby cream, minyak telon, hair lotion. Ohya, bawa laundry bag juga buat tempat baju kotor. Bawa diapers sekantong gede isi 44pcs.

Pas berangkat, barang-barang aku dan papa zapzap muat masuk dalam 1 koper medium. Lalu barangnya zapzap muat dalam 1 koper cabin. Lalu koper cabinnya aku masukin ke koper medium. Jadi berangkat cuman keliatan bawa 2 koper medium.

Jadi intinya aku bawa 1 koper medium kosong ya. Why? Buat belanjaan yang pasti ku belii hahaha. Papa zapzap aja udah bercita-cita beli gundam dan tamiya ya, yang pasti dus nya aja udah bakal makan tempat. Jadi ya kami dari awal udah prepare space kosong hahah. Sorry sis, ga terima jastip :p

Trus bawa stroller dan boba carrier. Bawa tas ransel isinya perlengkapan zapzap selama di pesawat. Bawa tas kamera. Trus aku nyangklongin tas kecil yang isinya paspor, power bank, uang, cc + debit card, hp dan lucas papaw. Gak usah bawa dompet lah ribetss.

Udah itu aja. SAKIT KEPALA GAK LU BAYANGIN BARANG BAWAAN GUEE? :))))

Somehow kami berhasil check-in dan boarding dengan riang gembira kok.



Karena flight nya tengah malem, begitu naik pesawat pun ya tinggal langsung tidur aja. Zapzap lumayan anteng selama di pesawat, walaupun sempet beberapa kali kebangun, tapi berhasil tidur lagi setelah nyusu.

Pas udah pagi, dibagiin sarapan deh. Sarapannya enaakk, bisa pilih mau japanese (bubur daging sapi plus udon dingin gitu) atau western (omelette dan sosis, standar GA banget hahaha). Ya aku pilih japanese laahh. Zapzap dapet kids meal ya.

FYI, mungkin banyak yang belum tau, kita bisa request baby food atau kids meal buat anak ya. Request nya melalui CS, maks 24 jam sebelum terbang. Klo anak masih di bawah 1 tahun, bisa request baby food dan bakal dikasih bubur atau puree buah gitu setau aku. Nah kemarin zapzap request nya kids meal. Agak mirip makanan dewasa tapi teksturnya dibuat agak lunak dan penyajiannya menarik. Trus aku perhatiin, menu nya empat bintang loh, dengan double carbo dan double prohe. Waw. Aku curiga jangan-jangan chef nya baca panduan MPASI WHO. Wahaha. Pada saat flight berangkat, zapzap dapet sarapannya omelet keju pake kentang, sosis, buncis dan wortel rebus, buah (semangka, melon), pancake, susu UHT.

Gak lama kemudian, kami pun landing di KIX airport terminal 1. Antri lumayan panjaangg di imigrasi. Berhubung naik GA, ya penumpang mostly orang indo yah. Sampe petugas imigrasinya juga nyapa pake bahasa Indonesia.

Beres urusan di imigrasi, kami ambil koper, lalu keluar area arrival. Tujuan pertama setelah sampe di bandara adalah cari JR office. Naik ke lantai 2, lalu nyebrang jembatan gitu, trus langsung keliatan deh JR office nya. Di sini kami mau nukerin JR pass. Gampang kok, cuman ngasih exchange order plus paspor, lalu nanti kita diminta isi form nya, termasuk nulis JR pass nya mau di-activate mulai kapan. Jadi kita ga perlu nunggu tanggal yang kita mau buat aktivasi ya buat nuker JR pass nya. Bisa kok nukerin sejak kita sampe di Jepang, nanti baru kita tulis mau mulai dipake tanggal berapa.



Teruuss, aku juga sekalian reserve seat buat shinkansen dari Osaka-Takayama, Takayama-Tokyo dan Tokyo-Osaka. 3 sekaligus. Lalu kena omel karena dy jadi lama banget ngelayanin kita. Hahaha. Maap mas!

Kelar urusan tiket kereta, kami lalu turun lagi ke lantai 1 menuju ke bus stop. Iya, kami memutuskan naik bus aja ke apartment di Osaka. Sebenernya ada alternatif yang lebih murah yaitu naik train. Tapi karena naik train ada transfer, jadi kami pilih naik bus aja yang tinggal duduk anteng langsung nyampe. Enaknya lagi naik bus, kami gak perlu ribet gerek-gerek koper dan stroller karena tersimpan aman di bagasi bus.

Kami naik bus tujuan Osaka Kintetsu Uehonmachi. Di sana, kami dijemput sama host yang baik hati, lalu jalan sekitar 3 menit ke apartment nya. Duh ampun, jalan 3 menit standar orang Jepang tuh artinya “setengah berlari” selama 3 menit. Ngos-ngosan eke ngikutin tante host jalan!



Good news nya, karena apartment nya lagi kosong, jadi kami bisa early check-in. Setelah nyampe apartment, tante host pun ngasitau macem-macem tentang apartment nya, do’s and dont’s nya, termasuk cara membuang sampah. Bhaique.

Setelah istirahat sebentar, mandi dan ganti baju, kami pun jalan-jalan. Awalnya mau ke osaka castle, cuman agak cape dan udah kesorean jadi skip dulu. Zapzap pun anteng aja di stroller sambil menikmati angin semriwing. Mungkin dy masih heran ini dimana kok adem banget. Lalu kami pun langsung cuss jalan kaki ke dotonbori.




Dotonbori ruame banget yaa! Pusatnya makanan dan belanja lah. Kami main-main jalan pelan-pelan aja sih di sana. Liat-liat barang lucu lucu yang tak mampu kami beli dan tak lupa foto berlatar glico man untuk pamer di sosmed kenang-kenangan.
glico man, atlet tanpa bulu ketek.

Di sini zapzap juga happy banget ya bisa lari-lari dan mata nya berbinar-binar saat liat sungai yang di tengah itu. Langsung lah dy heboh “air.. air.. renang.. renang..”. Haaah mau renang di kali? Duh ndeso nya jangan jelas-jelas amat kaya gitu dong ah. Lalu dy juga hilir mudik naik turun tangga. Tinggal aku dan papa zapzap yang degdegan karena lagi rame orang bangeet, takut dy ilang. Hadeh.



Ga berasa hari mulai gelap, kami lalu balik ke apartment naik subway. Beli icoca card dulu di stasiun subway, biar next nya lebih simple kalo mau naik kereta tinggal tapping aja. Sebenernya bisa aja sih beli tiket per trip, tapi ribet yaa. Mending beli icoca deh beneran.

Jadi in summary, hal yang penting dilakukan saat baru sampai jepang adalah: tuker JR pass di JR office bandara, reserve seat buat naik shinkansen, dan beli icoca card. Demi kelancaran perjalanan di kemudian hari, ya kaann?

Cheers!

No comments:

Post a Comment