Heaven!

Heaven!

Tuesday, December 10, 2019

Tentrem yang (tidak terlalu) Tentram


Enam hari di Jogja ngapain aja ya?

Sejak awal bikin plan buat birthday tripnya Zapzap, aku sebenernya agak bingung mau ngapain aja selama enam hari itu. Ke Borobudur udah pasti lah ya karena itu tujuan utama bangeett impian zapzap sejak sebulan yang lalu. Ke Malioboro ngapain banget kan bawa balita. Ngebayangin aja udah lelah. Browsing sana – sini, eh ternyata di Jogja banyak tempat wisata baru. Mau deh coba ke kawasan Merapi!

Trus sisa nya ngapaiiin?

Jalan-jalan sama anak sebenernya simple ya. Seumuran zapzap gitu percaya lah dy nggak akan peduli mau kemana karena sebenernya suka nya ya tempat dimana dy bisa lari – lari atau main air atau ya manjat – manjat.

Naah, karena itu lah aku make sure pilih tempat nginep yang enakeun. Cari hotel yang ada playground, dan paling penting harus ada kolam renang! Pilihan pun jatuh pada Tentrem Hotel.


Secara lokasi, Tentrem Hotel ini terbilang strategis ya. Letaknya yang di tengah kota membuat kita gampang lah kalau mau kemana-mana. Tepat di seberang hotel ada ind*maret, ada ATM, dan banyak warung-warung makanan (yang aku yakin gak mungkin tamu Tentrem akan makan di situ HAHAHA).

Ini beberapa poin yang menarik perhatianku selama nginep 3 hari 2 malam di Tentrem ya.

1.    Arrival & Check-In

Selayaknya hotel bintang lima, area lobby nya aja cantiik banget dan haruumm. Masuk ke hotel, kita kudu dicek ngelewatin metal detector dulu. Semua barang juga masuk ke metal detector. Abis itu koper kita langsung dikasih tag dan dihandle sama concierge karena nantinya akan langsung dianter ke kamar.

Pas ngelewatin pintu masuk, biasa lah ya ada mas-mas mengucapkan selamat datang sambil tersenyum lebar. Abis itu udah. Aku celingukan nyari receptionistnya dimana karena hellaaawww ini kok ga ada yang nanyain atau nawarin check-in atau apa kek. Oh, ternyata receptionistnya di ujung sebelah kiri sis.

Check-in dibantu sama salah satu FO nya. Standar lah ya prosedurnya Cuma konfirmasi booking, trus mereka copy KTP kita (btw mereka cuma minta KTP salah satu tamu aja), trus confirm mau deposit cash atau open bill CC, udah deh dikasih kunci kamar. Oh, terus dikasitau juga bahwa mini bar di kamar free. Yeay! Terus kita dipersilahkan menuju ke kamar. SENDIRIAN.

Seumur-umur ini pertama kalinya aku nginep di hotel bintang lima yang kita disuruh cari sendiri kamarnya HAHAHAHA.

Keunikan pertama hotel ini: di dalem lift ada kursi nya. Hihihi. Bisa duduk dulu sambil nunggu lift nyampe ke lantai tujuan.


2.    Room

Masuk kamar, whoa kamarnya cukup luas. Ada balkon yang menghadap ke kolam renang tapi balkonnya kosong aja ga ada kursi. Tempat tidurnya king size dengan bantal empuk yang banyaakk bertumpuk-tumpuk (this is what I love from 5stars hotel!). mini bar berisi beberapa minuman dingin, teh dan kopi sachet (yang sayangnya standar bangett!), trus air mineral 4 botol. Karena hotel ini milik sidomuncul, tak lupa ada tolak angin dan produk-produk sidomuncul juga. Ada welcome fruit nya juga.


Untuk storage area cukup banget ya. Lemarinya besar dengan banyak laci-laci. Ada seterika dan papan nya juga.

Berhubung kamar paling murah, tentu saja kamar mandinya cuman shower ya. Amenities nya lengkap sih, dari mulai sabun, shampoo, lotion, sikat gigi, pasta gigi, dll. Ada bath robe juga. Tapi sayangnya, sabun, shampoo dan lotionnya agak standar gitu. Padahal ekspektasi ku akan yang wangi rempah ala ala spa gitu, secara dy hotelnya sidomuncul (LALU APA HUBUNGANNYA YHA?)

What we love most about this room: ADA SMART TV!  Oh bahagianya dirikuuuu (dan zapzap) karena zapzap bisa nonton yutub tanpa menjajah hp mama papa nyaa. Mama pun bisa streaming Mata Najwa HAHAHA. Tapi gabisa Netflix ih kzl.
  

3.    Laundry Service

Setiap kali nginep di hotel bintang lima, aku pasti nyobain service-service yang ditawarkan, ya biar tau aja sih overall performa hotel itu seperti apa. Ciyeh!

Berhubung celana papa zapzap ada yang belum dicuci, jadi mari kita coba laundry service nya. Telepon ke call center, bilang mau laundry. Ga lama, petugasnya dateng, trus dibawa lah itu baju yang mau dilaundry. Karena ini udah sekitar jam 1 siang, jadi aku udah paham lah ya pasti baliknya besok. Eh taunya malem udah selesai dan dikirim ke kamar dong. Cepet amaatt salut!

Sebenernya awalnya ngeh karena pas malem  aku notice ada card yang diselipin di bawah pintu kamar. Ealah ternyata dari laundry service yang ngasitau bahwa mereka gabisa kirim laundry karena aku nyalain tanda “do not disturb”.

Akhirnya pas room service dateng nganter makanan, papa zapzap sekalian bilang ke mas nya kalau laundry nya minta tolong dianterin aja. Ga pake nunggu lama, petugas laundry dateng. Gileee, untuk poin ini aku salut sih karena mereka fast response banget. Walaupun lintas departemen <<LINTAS DEPARTEMEN>> tapi tetep cepet servicenya.


4.    Room Service

Dua kali pesen room service. Pas makan malem dan makan siang. Di sini canggih euy, pesen room service lewat smart TV nya.

Setelah input order, literally dua detik kemudian pihak resto call ke kamar untuk konfirmasi pesanan. Mereka info juga bahwa perlu waktu maks 45 menit untuk proses pesanannya. Bhaiquelah. Tapi dari 2x order ini, sekitar 30 menit udah sampe kamar kok.

Masakannya enaaakkkk!

Pertama pesen pisang goreng buat dessert malem. Mirip kaya pisang goreng di Hotel Gunawangsa Surabaya (ini must try, serius!!). Tingkat kematangan pisangnya sempurna hihihi.


Trus besoknya pesen pizza dan burger buat makan siang. Patty burgernya enaakk ga main-main, porsinya guede banget. Pizza nya pun enak, model yang thin crust gitu, dengan cheese yang nendang. Pelanggan puas lah!


5.    Breakfast

Dua kali breakfast juga ya. pagi pertama, superb banget tuh servicenya. Kita dateng ke resto, dikonfirmasi dari kamar berapa, trus dicariin dan dianterin ke meja sama mbaknya. Disiapin kopi, teh, dan susu juga buat zapzap. Langsung dicariin baby chair juga.

Pagi kedua dicuekiiin HAHAHAHA. Ah payah deh. Cuman ditanya dari kamar berapa, trus udaahh dicuekin CARI MEJA SENDIRI. Mana lagi rame pula karena lagi ada event. Huhh paling males deh nginep di hotel klo lagi ada rombongan gini. Celingukan nyari meja sendiri, akhirnya nyerah lah nyari mbaknya aja minta tolong doi cariin. Akhirnya dapet meja, ditawarin kopi/teh lalu dibawain baby chair.

Menu breakfastnya bervariatif banget yaa. Mulai dari menu tradisional, western, vegetarian, cereal dan kawan-kawannya, egg station. Menu tradisionalnya pun ga sebatas menu jogja lho. Di sini bubur manado pun adaaa!

Minuman dan dessert pun lengkaapp mulai dari teh, kopi, FRESH JUICE (Yes, I hate hotel yang serve jus kemasan ya), pudding, ice cream, dan masih banyak lagi. Bisa pesen cappuccino juga.

Ohya, plus poin lagi, ada 1 meja buffet yang khusus kids menu ya. sebenernya standar aja sih isinya kaya nasi goreng, nugget, pasta (ya emang anak-anak sukanya itu kan). Ada piring dan sendok buat anak-anak juga. Boleh lah diapresiasi effortnya.

Intinya, sarapan lah pelan-pelan dan nginep 1 malem ga cukuupp. Minimal 2 malem lah ya udah pas banget.


6.    Kids Playground

Ter-luuvv juga karena di Tentrem ada kids playground. Playground nya juga niat banget udah kaya di mall loh, bukan cuman sekedarnya aja asal ada perosotan. Ada yang buat naik-naik manjat sampe ke atas gitu, trus kolam bola mini, area buku & puzzle, dan tentu saja ada TV idola semua anak HAHAHA.


Masuk ke sini free dong yaaa. Harus pake kaos kaki, trus ga boleh bawa makanan dan minuman. Aturan standar lah. Zapzap betah bangeet di sini sampe susah disuruh udahan.


7.    Pool

Kami sempet berenang juga. Zapzap dan papa nya siihh yang renang. Aku leyeh-leyeh di pinggir kolam karena jempol kaki baru operasi paronicia alias cantengan :))

Kolamnya besar. Tipe kolam renang yang aku suka, dengan bentuk yang ngga neko-neko jadi bisa buat berenang beneran. Ada life guard yang standby juga. Trus mas – mas penjaga handuk selalu standby dengan handuk bersih.

Overall Tentrem Hotel ini oke lah. Fasilitas oke, service oke (minus gaada yang nganter ke kamar dan pas sarapan pagi ke-2), lokasi strategis banget. Untuk ukuran hotel bintang lima, harga yang ditawarkan cukup affordable, jadi ya kalau ada kurang ini-itu harap maklum.

Ooohh.. satu lagi..

Menurutku.. ini menurutku yaaa...

Sepertinya personal touch hotel ini ke tamunya juga agak kurang ya. Ngga dianter ke kamar pada saat setelah check-in aja jadi salah satu contoh ya. Pada saat booking, aku juga sempet note di special request bahwa aku booked kamar untuk merayakan ulangtahun anak. BIASANYA NIH YA, dari pengalaman di hotel – hotel lain, BIASANYA suka ada small surprise gitu, at least slice cake bertuliskan happy birthday atau happy anniversary, atau happy wedding, dll lah tergantung occasionnya ya. Pas nginep di salah satu resort di Bali malah staff nya super nice ke zapzap pas lagi breakfast, trus sore nya mereka rame-rame ngasih cake dan nyanyi happy birthday di lobby.

Tapi gak berlaku di siniii. HAHAHA. Ya maap deh ngarep. Tapi lagi-lagi ini pertama kalinya ngga ada apa-apa for this such request.

Itu aja sih.

No comments:

Post a Comment