Heaven!

Heaven!

Tuesday, September 17, 2019

Mudahnya Mengumpulkan GarudaMiles


Siapa yang hobi ngumpulin poin belanja? Cung!

Program keanggotaan yang bertujuan mengumpulkan poin untuk mendapatkan sejumlah keistimewaan seyogyanya adalah cara pedagang untuk memancing konsumen menjadi lebih boros hahahahaha. Setuju nggak?

Ya gimana, belanja lebih banyak biar dapet poin banyak. Sampe tagline suatu bank aja “Ayo, tingkatkan terus transaksimu!” Hehe.

Sama halnya di dunia penerbangan nih. Hampir setiap maskapai punya program keanggotaan kan. Tiap terbang dapet poin. Buat apa? Ya buat terbang lagi secara GRATIS (harapannya). Contohnya Garuda Indonesia dengan Garuda Frequent Flyer, Singapore Airline dengan KrisFlyer, dll.

Kali ini aku mau khusus ngebahas Garuda Frequent Flyer (GFF), khususnya gimana cara ngumpulin poinnya, atau disebut dengan GarudaMiles.

Ada 2 jenis miles yang bisa kamu dapatkan dalam GarudaMiles program yaitu:

Award miles: miles yang didapatkan setiap member GFF terbang dengan Garuda Indonesia atau partner, termasuk bonus miles, atau miles yang didapatkan dari transaksi dengan partner yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia. Award miles ini bisa ditukarkan dengan Award Ticket (iyaa, tiket gratis!) ataupun ugrade tiket (misal dari economy ke business).

Tier miles: miles yang didapatkan setiap member GFF terbang dengan GA dan digunakan untuk menentukan level keanggotaan GFF kamu. Tier miles ini akan diakumulasi dari Januari – Desember pada tahun  yang sama, dan kembali ke nol lagi pada tahun berikutnya.

Nah, kali ini aku mau bahas gimana cara ngumpulin award miles karena tujuan utama kita pasti doong buat terbang gratis atau at least upgrade kelas lah ya.

Berbeda dengan Tier Miles yang bisa terkumpul dengan terbang bersama GA, banyak jalan menuju roma untuk mengumpulkan award miles. Makanya jangan heran, kok bisa ada orang yang jarang banget naik GA tapi GarudaMiles nya bisa banyak banget. Mungkin orang itu cerdik menggunakan cara – cara berikut:

1.    Terbang bersama Garuda Indonesia atau partnernya

YAIYALAH UDAH PASTIII.

Terbang naik Garuda Indonesia udah pasti lah ya dapet miles. Besar kecilnya miles yang didapatkan bergantung dari penerbangan yang kita ambil, serta kelas tiket kita. Penumpang business atau first class cencu saja dapet miles lebih banyak dari kaum kelas economy. Hahaha.

Teruss, beli tiket economy juga bisa beda-beda dapet milesnya. Tiket economy pun ada kelas – kelas nya ya. Misal eco-promo (kode tiket Q, T, V, H, S), eco-affordable (kode tiket B, M, K, N) dan eco-flexible (kode tiket Y). Eh ternyata ada lagi eco-comfort (kode tiket W) untuk penerbangan long haul di mana penumpang bisa beli 3 kursi untuk ditempati 2 orang (kayanya rute Jakarta-London ya?). Nah untuk penumpang yang beli tiket eco promo, tentu dapet milesnya lebih sedikit dong daripada yang beli tiket eco-flexible atau bahkan eco-comfort. Tapi untuk sekarang ini, semua tiket economy rute domestic hanya ada eco-flexible ya. Untuk rute internasional masih ada kok tiket eco-promo.

Hal yang tidak pernah lupa diucapkan oleh flight attendance pada saat mau take-off atau landing yaitu “…… Garuda Indonesia, anggota dari skyteam”. Iyaaaa, artinya GA termasuk dalam aliansi skyteam (nge-geng gituu ceritanya hahaha) bersama dengan maskapai lain seperti KLM, Airfrance, China Airline dan lain-lain (googling sendiri yes). Artinya apaaa? Kalau kita terbang dengan maskapai – maskapai tersebut, kita juga bisa dapat miles.

Jangan lupa pula bahwa ada Citilink dan Sriwijaya yang sampai saat ini satu group juga dengan GA. Kita juga bisa dapet miles dari penerbangan dengan kedua maskapai ini. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyebutkan nomor GFF kamu ya ketika check-in!


2.    Belanja dengan kartu debit / kredit

Ada bank yang bekerja sama Co-branding dengan GA dan mengeluarkan kartu kredit, contohnya BNI mengeluarkan kartu kredit Garuda BNI Visa Platinum dan Garuda BNI Visa Signature. Keuntungan menggunakan CC ini antara lain bisa dapet double miles dari transaksi belanja, fasttrack upgrade, diskon saat pembelian atau redemption, dll. Untuk detailnya bisa dilihat di sini.

Bagi kamu yang ngga punya CC BNI tersebut, kamu bisa apply aja jangan khawatir. Masih ada bank lain kok. Bagi nasabah Bank Mandiri juga bisa menukarkan fiesta poin hasil hura – hura belanja dengan GarudaMiles. So, tingkatkan terus transaksi Anda! Hazeg.


3.    Tukar Grab Points

Ojol idola kita semuaaa~

Well, walaupun untuk keperluan pribadi entah kenapa aku prefer ojol sebelah, tapi kebetulan kantor provide voucher Grab untuk transport operasional dalam kota.

Terus baru tau klo Grab Points ini bisa dituker GarudaMiles! UWOW!

7500 grab points bisa dituker dengan 1000 GarudaMiles

3000 grab points bisa dituker dengan 250 GarudaMiles

Lumayan kaaaann! Ayo dicek grab points kamu udah berapa nih?


4.    Nulis review di Trip Advisor

Ini paling less effort, less budget, tapi dapet milesnya juga paling dikit HAHAHA. Jadi gini gengs, kalau kita log-in ke akun Trip Advisor  (iyaaa, kudu punya akun dulu), trus masukin GFF number, trus nulis review (nulisnya kudu pake bahasa Indonesia!), kita bisa dapet GarudaMiles. Gak banyak sih, tiap review paling cuman 20 poin. Tapi lumayan lah buat fakir miles yang suka menulis. Hihi.

Nanti milesnya ngga langsung masuk juga ya. Kalau kita nulis review di Trip Advisor juga kan ga langsung published ya, nunggu 2-3 hari dulu. Nah nanti pas udah published, kayanya masih nunggu juga 1-2 hari gitu ya buat milesnya masuk.


5.    Beli miles

Buat horang kayah yaudah beli aja beliiiiii. Eh tapi ya ngapain beli milesnya, ga beli tiketnya aja  sekalian? HAHAHAHA.

Cara ini bisa tetap menguntungkan untuk beberapa situasi dan kondisi.

Jadi gini, beli miles itu sebenernya MAHAL ya! Rp 275.000 = 1000 miles. Trus gengges, klo beli miles bayarnya kudu cash. Huhh!

Tapiii, aku pernah memanfaatkan ini sih. Jadi pada akhir tahun kemarin, seperti biasa GA ngadain promo miles redemption kan. Pada saat itu discount 70% untuk penukaran 3 award ticket.

Nah, aku udah mengamankan tiket pulang mudik (SUB-CGK) untuk aku, zapzap dan papanya. Plus mengamankan tiket SIN-CGK juga (Baca: Weekend at Singaporehahaha. Teruuss, kepikiran sisa milesnya mau aku tukerin tiket mudik buat mama, papa dan adik aku. Eh tapi kurang! Yaiya soale cuman sisa beberapa ratus hahahaha.

Lalu aku puter otak.

Aku cek di traveloka, harga tiket GA rute SUB-CGK (iya, pulangnya ajaa karena berangkatnya mau naik KA) itu sekitar 1.7 jutaan per orang. Untuk rute tersebut, perlu 8000 miles per ticket. Klo 3 tiket dengan discount 70% kan jadi perlu 7200 miles yah. Trus aku ngitung, aku perlu tambahan 7000 miles buat dapet 3 tiket. Beli 7000 miles kan sekitar 1.9 jutaan ya.

Yaudah deeehh aku beli 7000 miles lalu langsung aku tukerin semua (plus sisa recehan miles ku) buat tiket mama, papa dan adik aku. Menang banyak yaaa 1.9jt dapet 3 tiket! Eh nambah 100rb/tiket lagi deng buat bayar airport tax nya. Hihi!

Jadi begitu lah beberapa cara ngumpulin GarudaMiles. Sepertinya masih ada cara lain, bisa dikepoin sendiri ke webnya Garuda Indonesia.

Cara mana yang menurutmu paling gampang?

No comments:

Post a Comment