Heaven!

Heaven!

Tuesday, February 9, 2016

Kosan punya cerita

Sebagai mahasiswa, saya menghabiskan hampir 8 tahun hidup saya tinggal di kost. Bandung sebagai kota pilihan saya untuk kuliah punya banyak alternatif tempat tinggal untuk mahasiswa yang berasal dari luar kota. Asrama mahasiswa, kamar kost, rumah kontrakan atau apartment, tinggal pilih sesuai keperluan dan budget. Saya orangnya pemalas, jadi udah pasti asrama, rumah kontrakan atau apartment saya coret dari pilihan. Malas ngurusnya. Apalagi asrama yang konon katanya ada piketnya segala. Alhasil, kamar kost lah yang paling ideal buat saya.

Pada saat saya baru mau masuk kuliah S1 di tahun 2007 yang lalu (waks, tua juga ya gw!), saya cukup antusias buat nyari-nyari kosan. Eh tapi suatu hari mama papa saya nyelonong weh ke Bandung buat nyari kosan. Saya ngga diajak. Jadi, kosan pertama saya ya pilihan mama papa, di daerah Tubagus Ismail, dengan kriteria kosan yang menurut mereka adalah kosan untuk anak baik-baik.

"Mi, mama udah dapet kosan nih. Nyaman rumahnya, ibu kosannya juga tinggal di situ jadi bisa selalu ngawasin anak-anak. Fasilitasnya kamar udah lengkap sama furniture, kamar mandi di luar kamar dan airnya dingin, baju dicuciin, dapat air minum dan nasi putih setiap hari. Enak lah pokoknya."

Ternyata, rumah kost nya sih memang nyaman banget. Tapiii, ibu kostnya rese! Udah gitu aneh pula, tiap libur lebaran, semua anak kost diminta beresin barang-barangnya dan disimpen di dalem lemari karena............ kamar kostnya mau dipake buat keluarga besarnya. Akhirnya saya ga tahan karena pas lebaran tahun kedua, saya balik ke kosan dan mendapati koleksi boneka saya yang awalnya disimpen di lemari, udah berpindah ke atas kasur. PLUS, buku tabungan saya berpindah tempat dari selipan baju ke laci. Helloo? Ini berarti ada yang buka-buka lemari saya kan? Saat itu juga saya langsung cari kosan lain dan siap cabut dari situ.

Kosan kedua saya di daerah Kanayakan, Dago. Nah ini lumayan banget kosannya. Kamarnya mungil dengan kamar mandi dalam dan water heater. Enaknya kamar mungil gini jadi bersihinnya gampang plus segala sesuatu hanya sejarak jangkauan tangan. Cocok buat anak mager macem saya. Udah gitu, rumah kostnya bersih terawat. Walaupun temen-temen kosannya berisik semua, tapi saya sukses bertahan di kosan ini sampe lulus saking pewe nya.

Lulus apoteker, saya sempat kembali ke Jakarta untuk kerja sekitar 1,5 tahun. Hingga suatu saat saya memutuskan untuk kembali ke Bandung untuk lanjut S2. Di kampus yang sama. Sulit move on? YES.

Kuliah lagi di Bandung, berarti nyari kosan lagi. Awalnya balik ke kosan di Kanayakan itu, tapi ternyata udah full. Saya pun keselek pas tau kosan jaman sekarang udah mahal-mahal banget. Dulu kosan 1jt/bulan aja udah mewah banget, eh sekarang minimal 1,5jt/bulan bok!

Akhirnya setelah pencarian yang melelahkan dan mengiris hati, dapet juga kosan di daerah Tubagus Ismail, ga jauh dari kosan pertama saya waktu S1. Awalnya kosan ini terlihat normal dan lumayan banget. Dengan hanya 950rb/bulan, saya udah dapet kamar yang lumayan luas lengkap dengan perabot, parkiran mobil, ada dapur bersama dan kulkas, dan kamar mandi bersama (air dingin). Tapi, seiring berjalannya waktu, mulai terlihat keanehan di kosan ini. Satu, tante kosannya pelit. Dua, tante kosannya pelit. Tiga, tante kosannya pelit. Hahahah.

Apa-apa perhitungaaaan banget. Gas patungan sendiri. Gembok pagar kosan sengaja beli yang murah. Hasilnya? Cepet rusak. Tiap rusak, beli baru dan anak kosan disuruh duplikat kunci masing-masing. Buset, seumur-umur ngekos belum pernah tuh saya duplikat kunci sendiri. Kulkas di dapur cuma pajangan doang, rusak dan jadi sarang tikus. Super iyuh. Bahkan yaa, beli lampu buat teras kosan aja pelitnya naujubilah. Alhasil kosan gelap gulita kaya rumah hantu. Ditambah anjingnya yang freak guguk-guguk. Fix jadi rumah hantu :))

Awalnya saya tahan-tahanin di kosan ini. Toh, cuma dua tahun. Sampai akhirnya saya menikah dan pengen dong bareng suami tiap weekend. Tapi sayangnya karena kosan cewe, jadi saya ngga diizinkan untuk bawa suami. Akhirnyaaa ada alasan untuk pindah. Fiuh~

Lalu sekarang saya ngekos dimana? Di daerah dago asri. Kosan campur cewe-cowo. Kosannya miriiiip banget dengan kosan saya waktu di Kanayakan. So far sih betah, baru dua minggu juga sih. Kita liat berapa lama saya bisa bertahan :))

Cheers!

No comments:

Post a Comment