Heaven!

Heaven!

Tuesday, May 7, 2019

Shirakawa-go!


Sejak awal mencanangkan rencana ke Jepang, aku udah masukin Shirakawa-go dalam itinerary yang tidak dapat diganggu gugat. Setelah browsing sana-sini, aku memutuskan untuk daytrip aja ke sana dari Takayama.

Lah, kenapa ga nginep di sana sekalian? Ribet amat nginepnya di Takayama lalu daytrip doang ke Shirakawa-go?

Iya, ada aja yang nanya begitu.

Trus kenapa sis?

Karena penginapan di Shirakawa-go yang mendekati standar yang kuinginkan mostly lebih mahal daripada di Takayama. Wahahaha ya monmaap nasib kelas menengah ujung-ujungnya kepentok budget :p


Jadi bagi kalian-kalian sobatmisqueenku yang pengen ke Shirakawa-go tapi jiper ngeliat ryokan nya, tenaaangg.. gampang banget kok dan sangat memungkinkan ya kalau mau daytrip aja ke sana. Lagipula aku sih merasa kemarin udah cukup ideal bagi kondisi ku dan keluarga untuk memutuskan nginepnya di Takayama aja. Again, kondisi tiap orang beda-beda ya.

Kalau menurut aku, plus nya base di Takayama adalah perjalanannya jadi ngga terlalu capek. Kemarin aku berangkat dari Osaka pakai shinkansen ke Nagoya, lanjut express train ke Takayama. Afaik, kalaupun kita mau langsung ke Shirakawa-go, rute tercepat adalah yang itu tadi aku sebut PLUS lanjut naik bus ke Shirakawa-go. That means, Anda tetap akan transit di Takayama.

Perjalanan naik shinkansen dan express train sampai Takayama sendiri udah kurang lebih 3 jam. Kalau mau langsung lanjut bus ke Shirakawa-go, perjalanannya 1 jam. Jadi total perjalanan sekitar 4 jam. Mungkin itu salah satu poin yang bisa dipertimbangkan bagi keluarga yang punya anak kecil.

Daytrip ke Shirakawa-go nya gimana?

Gampang banget sis.. Seperti yang sudah sempat aku sebutkan di atas, naik bus. Terminalnya ada persis di sebelah Takayama Station. Paling enak reserved dulu ya biar lebih pasti. Tapi aku kemarin Alhamdulillah langsung dapet tiket yang non-reserved seat dan pas banget nyampe terminal ga lama sebelum jadwalnya next bus. Ongkosnya cukup murah kok, sekitar JPY 4420/orang untuk return ticket. Zapzap masih gratis hihi.

Setelah perjalanan kurang lebih 1 jam, nyampe deh di Terminal Shirakawa-go. Wooww woooww, sangat excited karena gemeeess banget sama desa nyaa! Shirakawa-go ini termasuk dalam UNESCO world heritage site, dimana desa ini terkenal dengan rumah “gassho-zukuri” yang berarti “constructed like hands in prayer”. Sesuai namanya, bentuk rumah-rumah di sini memang unik ya. Konstruksi atapnya dibuat seperti itu dengan tujuan agar kuat menahan beban hidup salju pada musim dingin.



Waktu terbaik untuk mengunjungi Shirakawa-go sebenarnya pada saat winter. Bila salju nya sudah menebal, kalian akan melihat pemandangan fantastis seperti ini:

Hasil gambar untuk shirakawago winter
pict from: https://en.japantravel.com/gifu/fairytale-winter-tour-shirakawa-go/18885

Naaah, berhubung aku pas ke sini masih late autumn, jadi hanya kebagian ngeliat pohon-pohon yang udah pada rontok plus angin yang super semriwiiingg dingiiiinn. Waktu itu malah udah mulai masuk early winter yah. Suhu nya pun udah mulai turun sampai 4oC di siang hari.


Untuk menikmati keindahan desa, kalian bisa naik ke observatory area. Jalannya mayan nanjak tapi cincai lah. Berhubung tekad ku lemah, aku naik shuttle aja laaahhh hahahahaha. Jadi begitu turun bus di Terminal, jalan dikit, ada tempat shuttle bus gitu. Tarif one way nya JPY 200 doang murmer. Aku ke atas naik shuttle, trus turun nya ya jalan pelan-pelan aja sambil menikmati pemandangan. Hazek.

Udah jauh-jauh ke sini, jangan lupa untuk icip-icip jajanan nya doongg! Sebenernya ngga terlalu banyak yang jual makanan karena di sini memang cenderung sepi. Tapi kemarin aku sempet nyobain beberapa street food gitu. Tentu saja ada sate hida-gyu yang gilaaa enaakknyaaa!
jajan sate hida-gyu yang terasa murah hanya JPY 500 saja
Selama jalan-jalan berkeliling, kita banyak disuguhkan pemandangan ala pedesaan aja. Rumah-rumah nya, lahan berkebun nya, kolam ikan. Bahkan mobilnya aja gemes banget. Kami ngga terlalu banyak ketemu sama penduduk lokalnya.

Duh kebayang ya kalau ke sini pas winter pasti kece banget. Mungkin memang recommended nginep di sini kalau berkunjungnya saat winter.

Setelah puas jalan-jalan dan jajan, kami jalan balik lagi ke terminal bus. Karena sebelumnya sudah beli return tickets, maka kami bisa langsung ngantri aja nunggu bus nya. Alhamdulillah selama daytrip ini mood nya Zapzap oke sepanjang hari jadi kami happy seharian :D

Jadi, daytrip ke Shirakawa-go memungkinkan ga? Memungkinkan bangeett. Cuss!

No comments:

Post a Comment