Heaven!

Heaven!

Tuesday, August 13, 2019

Asiknya Traveling with Baby/Toddler



Udah ngga asing lah ya kita dengar kalau bepergian bawa bayi/toddler itu rempong. Duh, ngebayangin banyaknya barang bawaan, belum kalau anaknya rewel, belum kalau anaknya tiba-tiba eek lah, muntah lah, waah bisa lelah jiwa raga ini.

Tapiii, setelah mengalami beberapa kali bepergian bareng zapzap, saya jadi merasa ternyata traveling with KID (yes, singular ya, not plural) itu seruu banget dan ASIK karena banyaak privilege yang bisa kita dapatkan karena kita membawa manusia berwajah lucu nan polos itu.


Sebagai mukadimah, saya bawa zapzap traveling yang agak jauh sejak dy menjelang usia 1 tahun ya. Waktu itu saya ajak dy ke Bali semingguan. Lalu pas dy menjelang usia 2 tahun, kami ke Jepang sekitar 2 minggu. Lalu kami pernah mudik juga ke Jombang seminggu, lalu weekend gateway ala-ala ke Singapore 3 hari.

Dari beberapa pengalaman tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa traveling dengan anak kecil ternyata ga selelah yang saya pikirkan sebelumnya.

Saya akan sebutkan dulu pahitnya traveling bareng anak kecil:

1.      Barang bawaan lebih banyak

OFKORS. SIAPA YANG GAK SETUJU?  

Gile ini mau pergi 3 hari atau 3 bulan siihh semua dibawaa astaga. Pas pertamaaa kali saya bawa zapzap keluar kota itu dy masih 7 bulan. BARU BANGET MPASI YES. Ke bogor doang naik mobil, cuman nginep semalem duile. Teteup bawaan sekoper. Belom diaper bag. Belom stroller DAN gendongan. Belom tas tentengan berisi food jar Tiger (penting sebut MERK untuk menunjukkan betapa berdedikasinya akuh sebagai mamah muda say no to MPASI instan), segala rupa prepared food untuk makan siang dan makan malam keesokan harinya, tak lupa cemilan sehat dan buah. PRET.
Pas ke Bali juga gitu. Pergi bertiga, kopernya 2 dong ah. Bukaan.. bukaaan zapzapnya ditaroh koper (walopun muat siy), tapi baju dy aja sekoper sendiri muahaha. KAN MASIH PAKE DIAPERS YA JADI WAJAR KLO BULKY. Tapi saya udah ga rempong mikirin MPASI karena zapzap udah mulai bisa makan makanan dewasa. Jadi cukup menunya aja disesuaikan. Tapi tetep bawa Tupperware dan botol minum kaann.

Baru insyaf pas ke Jepang. Pergi 2 minggu tapi tetep bawa 3 koper sih (buat naroh belanjaan hahahaha). Bawa stroller dan gendongan juga. Bawa ransel. Tapi rasanya ga serempong sebelum-sebelumnya karena ya anaknya udah mayan gede juga.

2.      Budget lebih bengkak
Di Bali nyewa mobil PLUS supir dong karena duh ku tak shanggup kalo papa nya nyupir trus saya harus mangku zapzap seharian HAHAHA. Ofkors sewa mobil plus supir harganya dua kali lipatnya mobil tanpa supir kan.

Makan maunya di resto yang enakeun. Tyda makan junkfood karena harus makan sehat gizi sempurna. Klo bisa naik taksi, ngapain harus naik angkutan umum ya? Naik shinkansen plis gamau naik sleeper bus. Cari hotel yang bintang lima, bintang tujuh sekalian deh. Pilih airline full service dong, klo mampu perlu business class sekalian, apa itu budget airline huh.

Yes, kita jadi memilih untuk splurge lebih demi kenyamanan dan kepraktisan.

3.      Jalan santai
Kongkow malem-malem jelas coret. Sehari cuman visit 1-2 tempat aja. Pergi juga menyesuaikan jam biologis anak, menyesuaikan jam bobo siang dan bobo malem nya. Bhay masa-masa kejayaan bisa menclak-menclok ke berbagai tempat dalam satu hari. Kali ini selaw aja cyin..
  
Udah jiper beluum?

Mari kita pikirkan apakah sebanding dengan keindahan traveling sama anak kecil berikut:

1.      Anak-anak banyak gratisnya
Iya tadi saya bilang di atas bahwa bawa anak bikin budget lebih bengkak. Tapii, sebenernya anak-anak juga banyak keuntungannya lho.

Udah tau kan kalau tiket pesawat infant itu cuman seharga 10% tiket dewasa? LUMAYAN ya. Untuk pesawat, anak usia >23 bulan baru dikenakan tiket dewasa.

Mostly angkutan umum seperti bis atau kereta juga gratis untuk anak <4 tahun. Di Singapore, anak dengan tinggi <90 cm gratis naik MRT atau bus. Waktu ke Jepang juga gitu, zapzap ga perlu beli JR Pass atau metro card karena masih gratis. Tiket masuk tempat wisata juga gitu.  Untuk theme park seperti Universal Studio atau Disneyland, kalau ga salah tiket anak itu mulai usia 4 tahun ya.

Masuk lounge bandara juga gratis yaa buat anak (walaupun ada beberapa yang bayar). Berhubung cuman bisa bawa 1 orang tambahan ke lounge, saya bersyukur banget sih zapzap masih piyik jadi bertigaan bisa masuk semua. Tapi ini ga berlaku di Jepang yang bener2 saklek cuman kasih 2 orang hahah.

Apa lagi ya?

Ohiya, kalau naik pesawat juga bisa request baby/kids meal GRATIS. FYI, biasanya kids meal ini bisa request ke airline nya maks 24H sebelum terbang ya. Lumayan banget lho, sebagai gambaran aja waktu itu zapzap dapet mealsnya memenuhi kaidah MPASI jaman now yaitu 4* dengan double karbo dan double prohe. Hihii. Dapet snack dan susu UHT juga. Nyamm!


2.      Priority
Wah ini sih gong nya. Ngga ada yang bisa ngalahin perasaan lega nya kemulusan yang didapat selagi berjibaku dengan toddler.

Bikin paspor aja ada antrian priority buat yang bawa balita wuhuuuu..

Masuk pesawat juga gitu kan ya, penumpang yang membawa anak dipersilakan boarding terlebih dahulu. Antri imigrasi juga muluuss tanpa kendala berkat wajah polosnya. Di Indonesia dan Singapore sih ada ya counter imigrasi priority, tapi sepertinya di Jepang ga ada.

Pengecualian lain adalah terkait bawaan cairan ke cabin pesawat. Pengalaman international flight ke Jepang dan Singapore sama zapzap, gaada batasan bawa susu UHT juga ke cabin. Biasa cairan dibatasi max 100ml/botol dengan maks 1 L kan yah. Nah ini saya bawa UHT 120ml 6 kotak, trus di diaper bag ada toiletries zapzap, botol air minum gede, lolos aja sih.

Privilege dari GFF Platinum yang hanya bisa bawa 1 orang tambahan pun, bisa nambah 1 lagi kalau si anak masih piyik. Jadi mau check-in di counter khusus platinum, masuk security check lewat akses sky priority, priority boarding, bisaaaa langsung bertigaan.

Naik kereta, ehem monmaap nih itu kursi priority buat saya yaa.

Anak mau pipis/pup juga bisa pake toilet difabel yang cencu saja tyda mengantri. Apalagi di Jepang, changing station atau kids toilet seringnya bareng di toilet difabel.
3.      Rusuh tapi dimaklumi
Kebayang gak, breakfast di ryokan yang notabene orang ke sana mencari ketenangan, lalu krompyaaangg.. jatuh lah itu sumpit sendok dkk? Tapi jangan khawatir, mama nya tinggal pasang senyum manis, datang lah mbak-mbak bawain sumpit pengganti SAMBIL bilang “It’s okay” SAMBIL bawain mainan pula buat si bocah, PLUS masih bilang anak kita kawaii pula wakakaka. Saya yakin si mbak sebenernya empet juga tapi wow tetap ramaah.

Pas di resto sushi pun begitu, zapzap jatohin sumpit (again). Sempet bosen jadi agak cranky pula. Sampe saya denger pegawai resto nya minta maaf ke tamu lain yang kebetulan 1 ryokan dan makan bareng kita juga. Untungnya tamu lain tsb adalah pasangan oma-opa yang gemes banget sama zapzap juga. Jadi keributan ini termaafkan buat mereka -__-

Yang saya amati sih, kalau kita bawa anak kecil, mending deket-deket sama fellow traveler yang udah rada “berumur” deh. Bisa oma, opa, atau ya traveler paruh baya yang sekiranya sudah punya anak. Ataauu ya gabung aja sesama keluarga dengan little kids. Karena ya itu tadi, biasanya mereka suka anak-anak hence lebih toleran sama kegaduhan anak-anak.

Intinya, dibalik segala kerempongan dan kelelahan bawa anak kecil pas traveling, ternyata ada kemudahan-kemudahan yang hanya bisa kita dapatkan kalau bawa anak kecil lho. Jadi, jangan ragu untuk ajak si kecil traveling ya.

Berangkat!!


No comments:

Post a Comment