Heaven!

Heaven!

Wednesday, September 11, 2019

Jadi Turis Jakarta


Seminggu ini materi di sekolah zapzap lagi bahas Monumen Nasional a.k.a Monas. Mulai dari liat foto Monas sampe bikin Monas pake megablok. Sembari belajar, tentu saja diselingi oleh brainwash cerita – cerita mengenai betapa menariknya Monas. Setidaknya itu perkiraan saya karena hasilnya zapzap sampe rumah ribuuuut terus minta ke Monas. 

Literally bilang “mama, ayo kita ke Monas!” Waw. Biasa ngajakin ke bxc mall kok sekarang minta ke Monas. Pulang sekolah, sepanjang perjalanan ribut minta ke Monas. Besok paginya, bangun tidur langsung minta ke Monas. Dy ngga sadar apa Monas itu ada di provinsi sebelah?!

Akhirnya begitu tiba hari Jumat, saya sama papa zapzap janjiin aja lah ke zapzap, Ayo kita ke Monas besok pagi! Kalimat itu pun jadi senjata semaleman. Zapzap kudu well behaved klo mau ke Monas. Tidur ga pake rewel karena harus cepat tidur supaya besok pagi ga kesiangan, kan mau ke Monas. Muahahaha!

Besok pagi nya tetep aja kesiangan ni anaakk -_______-

Tidur seperti bayi. Baru bangun jam 06.30. Akhirnya jam 08.20 baru berangkat dari rumah. Hadeeehh..

Untungnya pagi itu traffic ga terlalu rame sih. Sempet macet dikit di tol Tangerang, tapi berkat waze, kami ditunjukin jalan alternatif. Kami pun sampe di kawasan Monas sekitar jam 09.30.

Awalnya bingung deh mau parkir di mana. Soale udah bertahun-tahun ga pernah ke Monas gitu kan ya. Jaman dulu mah orang masih sembarangan aja parkir di depan pintu masuk, parkir liar gitu you know lah. Tapi sekarang udah nggak! Sekarang semua harus parkir di kawasan I.R.T.I, tenang aja banyak kok petunjuknya. Dari mulai ngelewatin pintu Monas juga udah ada tulisannya bahwa parkir di kawasan I.R.T.I. Ancer-ancernya di seberang gedung Gubernur DKI ya. Masuk kawasan parkir pun ada tiketnya, ga perlu khawatir tukang parkir liar.

Dari kawasan parkir, untuk menuju ke Monas, kita jalan kaki ngelewatin semacam foodcourt namanya Lenggang Jakarta. Foodcourt nya mirip hawker center di Singapore gitu. Kerennya, belanja di sini bayarnya kudu pake emoney. Dari mulai beli minum di vending machine sampe beli makanan di kios nya, bayar pake emoney. Saya perhatikan juga harga makanan di kios nya cukup murah dan sepertinya sih diatur gitu ya, karena semuanya kisaran 25 – 35 ribu per porsi nya. Jadi ga ada tuh ceritanya pedagang ngegetok harga.

Dari pintu masuk area Monas ke Tugu Monasnya kita bisa jalan kaki atau naik mobil yang disediakan. Gratis ya. Mobil ini memang disediakan untuk pengunjung yang mau menuju ke tugu Monas atau kembali dari tugu Monas. Tapi ada syaratnya, kalau kita mau menumpang mobil ini lagi saat kembali dari Monas, kita harus menunjukkan bon pembelian tiket masuk museum atau tiket naik ke Monasnya. Kalau misal kita ga beli tiket, alias gajadi masuk ke tugu nya, berarti kita ngga bisa numpang mobil ini untuk balik ke pintu masuk.

Zapzap baru naik mobil ini aja udah girang bangeeet. Maklum ya mobilnya kaya kereta-keretaan gitu.

Mobil ini menurunkan penumpang pas di depan akses masuk ke tugu Monas. Seingat saya, dulu sih loketnya ya pas di bawah tugu nya gitu kan. Tapi sekarang, kita masuk dari seberang tugu nya, lalu turun ke bawah tanah gitu. Nah loketnya di situ, lalu akses masuknya lewat terowongan bawah tanah gitu.

Tiket masuknya sendiri cukup murah. Untuk tiket museum harganya Rp 5.000 (dewasa), naik sampai puncak Rp 10.000 (dewasa), tiket terusan (museum + naik ke puncak) Rp 15.000 (dewasa). Sorry saya ga merhatiin harga tiket anaknya karena zapzap belum perlu beli tiket. Tiket anak itu untuk anak usia >4 tahun. Ohya, bagi kalian yang udah punya Jakcard (prepaid card nya Bank DKI), mending dibawa deh kartunya. Karena di sini pake kartu itu guys. Jadi kalau belum punya, kita dikenakan biaya kartu lagi sebesar Rp 15.000 (please note bahwa kartu ini gabisa dikembalikan atau direfund ya).

Kami beli tiket terusan dong tentu saja! Kan belum pernah naik sampe ke atas Monas! Hahahaha.

Untuk tiket naik ke Monasnya, kami dapat tiket warna kuning dengan giliran naik pukul 10.00 – 11.00 WIB. Sambil nunggu jam 10.00 WIB, kami jalan – jalan dulu di museum nya.

Kesan pertama: bersih, adem!

Kesan selanjutnya: DUH NGGAK STROLLER FRIENDLY BANGET SIHHH T.T

Saya ngga bawa stroller sih, tapi udah kebayang banget rempongnya karena ya tangga nya banyak banget gitu lho! Udah gitu nggak ada ramp nya. Kalau stroller masih oke lah, anak bisa digendong, lalu strollernya diangkat. Kebayang nggak gimana kalau orang yang pakai kursi roda gitu? Bhay aja lah.

Museumnya masih persis ingatan saya jaman dulu, hanya yang sekarang lebih adem aja I guess? Museumnya berisi diorama – diorama sejarah Bangsa Indonesia, dari jaman kerajaan sampai ke perjuangan kemerdekaan. Masing-masing diorama disertai dengan narasi singkat jadi ngga membosankan untuk dibaca. Lumayan untuk recall pelajaran sejarah jaman sekolah dulu. Hihi..

Pas di museum, saya coba ke toiletnya juga. Untuk masuk ke toiletnya, alas kaki harus dilepas. toiletnya bersih tapi agak licin karena ya marmer aja gitu, nggak ada alas karetnya. Kayaknya kalau untuk lansia harus ditemenin sih karena ngeri kepeleset aja.

Nursery room nggak ada yaa sepanjang pengamatankuu. Hahahaha. Kalah deh ama GBK.

Menjelang jam 10.00 WIB, kami pun naik ke teras tugu. Di sana orang – orang pada ngantri sambil lesehan gitu. Ternyata sekarang system antriannya kita kudu registrasi dulu sambil nunjukin tiket masuk (yang tadi wana kuning untuk giliran jam 10 nya itu), trus nanti si mbak nya akan ngasih nomor urut lagi. Saya dapet nomor K5, artinya Kuning 5, yang berarti (halah) kloter ke-5 dari kartu Kuning. Jadi nanti petugasnya akan manggil K1, K2, K3, dst. Enak sih, jadi kita bisa sambil duduk-duduk nunggu giliran. Saya inget jaman dulu aja antrian lift itu udah kaya uler saking panjangnyaa.

Lalu gimana di puncak Monas?

Ya gitu ajaaa. Hahahaha. Areanya ngga terlalu besar. Tapi karena di bawah ada yang ngatur antrian naik, pas di atas ga terlalu rame sih. Di atas ya liat-liat pemandangan dari 4 sisi aja sih. Trus ada teropong (yang tidak berfungsi baik). Hahaha. Trus udah, ngantri lift lagi buat turun.

Gitu doaaangg.

Tapi oke lah buat bawa anak-anak, terutama kalau memang belum pernah ke sana. Zapzap aja girang lho. Puas lari-lari pun di sini. Recommended deh!

Puas main-main di tugu Monas, kita balik turun ke museum, lalu ngelewatin lorong bawah tanah lagi menuju ke ticketing awal, lalu naik lagi deh ke tempat antrian mobil. Gak lupa foto-foto dulu doong biar sah untuk membuktikan ke aunty nya zapzap kalau zapzap udah ke Monas!

Jadi, siapa yang belum pernah ke Monas?

No comments:

Post a Comment