Heaven!

Heaven!

Thursday, January 23, 2020

Huru - Hara Bandara


Bolak – balik keluar kota naik pesawat, mau ga mau aku jadi terbiasa banget sama situasi Bandara, atau bahasa gaulnya Airport Situation. Dulu sih excited banget ya tiap ke Bandara karena hawanya liburaann. Sekarang kok seringnya malah emosy. Apalagi kalau perjalanan dinas kan hampir pasti berangkat ambil flight paling pagi, pulang pakai flight sore atau malem. Which means, Bandara pas lagi rame – rame nya. Percaya kan kalau saya bilang, bandara jam 5.30 pagi tuh sebelas dua belas ramenya ama terminal bis?


Most of the times, ini hal menyebalkan (menurutku) yang bisa terjadi di Bandara:

1.    Antrian security check

Terutama antrian security check yang paling depan itu ya, yang orang masih bawa bagasi segambreng. Paling sebel kalau kita udah ngantri, trus ada yang main nyelonong aja motong antrian hanya karena dy berasa ga bawa bawaan atau bawaannya dikit.


2.    Antrian check-in

So far belum pernah punya pengalaman diserobot orang pas ngantri check-in sih. Tapi yang bikin gengges tuh masih adaaaa aja orang yang ga paham arti dari batas antrian. Walaupun udah ada tanda nya, teteup weh orang hobinya maju sampe nempel banget. Mungkin dy pikir itu tanda di lantai sekedar buat ngewarnain aja kali ya kuning – kuning. Paling kesel kalau dy bawa troli. Trolinya didorong maju banget sampe kena kaki kita. Aduh, sakit tauk!

Klo ketemu makhluk kaya gini, biasanya aku ga segan untuk damprat di tempat sih. You know, misal kita abis ngasih eticket dan kartu identitas, kita pasti bergeser ke samping buat nimbang bagasi kan? Pas kita bergeser ini, bisa – bisa nya lho orang yang di belakang kita udah MAJU ke meja check-in nya. Hellawww, gue belom selesai keleus!

Trus paling nyebelin adalah kalau pihak bandara ga menyediakan counter khusus buat baggage drop. Jadi kita kudu ngantri bareng orang – orang yang belum online check-in. haduh tambah lamaaa!


3.    Pindah gate

Udah duduk manis di gate, ternyata ada pengumuman pindah gate. Seringnya pengumumannya cuma dari petugasnya aja teriak – teriak macem di terminal bis. Trus pindah gate nya JAUH. Kudu sabaarr.


4.    Toilet

Ilfil banget kalau toilet becek atau ga ada tissue. Atau ga ada sabun cuci tangan. Ditambah klo ada orang yang ga bisa ngantri (lagi – lagi antrian hahaha).


5.    Boarding

Di beberapa bandara kadang suka menerapkan giliran boarding berdasarkan nomor kursi kan ya. Trus biasanya suka dipisahin juga kan line buat business class atau sky priority dengan economy class. Kalau udah diatur kaya gitu, plis lah ikutin aja karena itu tujuannya kan buat mempercepat proses boarding.

Hari gini masih adaaa aja orang yang ngikutin petunjuk simple kaya gitu aja ga bisa. Kalau kaya di Bandara Sam Ratulangi Manado, dy cukup strict tuh sama aturan giliran boarding berdasarkan nomor kursi. Udah dibilang kursi nomor sekian (biasanya beberapa row dari paling belakang) boarding terlebih dahulu, ada aja orang yang nyelip mau ikutan boarding padahal dy duduk di depan. Ditolak lah ama petugasnya. Hasilnya apa? Memperlama proses karena ya dy kudu minggir dulu karena menghalangi orang di belakangnya. Antrian ga berjalan lancar. Hhhh, capede.


6.    Baggage Claim

Panjangnya conveyor belt berbanding lurus dengan panjangnya kesabaranku. Hahaha!

Di sini juga suka sebel karena masih banyak orang yang ga ngerti BATAS TROLI. Dipikir pihak bandara iseng aja gitu bikin garis di lantai tanpa makna. Trolinya didorong maju banget sampe nabrak kaki kita. Aduh!


7.    Sky (not so) Priority

Kalau untuk penerbangan domestik, ga usah jumawa deh even udah jadi Platinum Members nya GA. Jaman platinum member belum bedol desa kaya sekarang, kita check-in di counter premium di T3 itu dibantuin banget lho sama petugasnya. Kita tinggal ngasih kartu identitas, trus duduk manis aja nunggu bagasi diberesin. Sekarang? Cih boro-boro. Dilirik aja kagak. Petugas nya cuma berdiri berjejer aja kaya among tamu.

Ambil bagasi juga gitu. Dulu mah kita juga tinggal duduk manis ya di premium baggage lounge. Bagasi dicariin dan diambilin. Sekarang? Unless you penumpang business class, jangan harap koper lu disentuh ama petugas! Eh tapi ini hanya terjadi di T3 Soekarno-Hatta aja sih. Kalau di kota lain, masih oke kok pelayanannya. Jadi heran gak sih masa di Jakarta malah kacrut begitu pelayanannya?

Gausah ngomongin lounge lah ya, karena sekarang lounge udah kaya pasar saking ramenya.

Tapii, ga adil dong kalau aku ga ngomongin baiknya. Alhamdulillah, at least ini hanya terjadi di penerbangan domestic ya. Untuk penerbangan international, masih berasa kok privilege nya Sky Priority. Check-in masih dibantuin banget, imigrasi ada priority pass nya, bagasi juga diambilin. Pluuss, lounge buat international flight biasanya makanannya lebih enak dan ada minuman beralkohol. Astaghfirullah!


8.    Taxi

Terutama pas peak hours ya. antri taxi aja bisa 1 jam (atau lebih!). Pernah rada traumatis nih. Antrian taxi masih DUA RATUS nomor lagi. Nyari silver bird, kosong! Ke counter golden bird pun armada nya abis. Mo nangeeesss T.T

Wow ternyata banyak ya hal yang bisa membuatku senggol bacok di Bandara. Kalian setuju yang mana?

Cheers!

No comments:

Post a Comment