Bolak –
balik keluar kota naik pesawat, mau ga mau aku jadi terbiasa banget sama
situasi Bandara, atau bahasa gaulnya Airport Situation. Dulu sih excited banget ya tiap ke Bandara karena hawanya
liburaann. Sekarang kok seringnya malah emosy. Apalagi kalau perjalanan dinas
kan hampir pasti berangkat ambil flight paling pagi, pulang pakai flight sore
atau malem. Which means, Bandara pas
lagi rame – rame nya. Percaya kan kalau saya bilang, bandara jam 5.30 pagi tuh
sebelas dua belas ramenya ama terminal bis?
Most of the times, ini hal menyebalkan (menurutku) yang bisa terjadi di
Bandara:
1. Antrian
security check
Terutama
antrian security check yang paling depan itu ya, yang orang masih bawa bagasi
segambreng. Paling sebel kalau kita udah ngantri, trus ada yang main nyelonong
aja motong antrian hanya karena dy berasa ga bawa bawaan atau bawaannya dikit.
2. Antrian
check-in
So far belum
pernah punya pengalaman diserobot orang pas ngantri check-in sih. Tapi yang
bikin gengges tuh masih adaaaa aja orang yang ga paham arti dari batas antrian.
Walaupun udah ada tanda nya, teteup weh orang hobinya maju sampe nempel banget.
Mungkin dy pikir itu tanda di lantai sekedar buat ngewarnain aja kali ya kuning
– kuning. Paling kesel kalau dy bawa troli. Trolinya didorong maju banget sampe
kena kaki kita. Aduh, sakit tauk!
Klo ketemu
makhluk kaya gini, biasanya aku ga segan untuk damprat di tempat sih. You know,
misal kita abis ngasih eticket dan kartu identitas, kita pasti bergeser ke
samping buat nimbang bagasi kan? Pas kita bergeser ini, bisa – bisa nya lho
orang yang di belakang kita udah MAJU ke meja check-in nya. Hellawww, gue belom
selesai keleus!
Trus paling
nyebelin adalah kalau pihak bandara ga menyediakan counter khusus buat baggage drop. Jadi kita kudu ngantri
bareng orang – orang yang belum online
check-in. haduh tambah lamaaa!
3. Pindah
gate
Udah duduk
manis di gate, ternyata ada pengumuman pindah gate. Seringnya pengumumannya
cuma dari petugasnya aja teriak – teriak macem di terminal bis. Trus pindah
gate nya JAUH. Kudu sabaarr.
4. Toilet
Ilfil banget
kalau toilet becek atau ga ada tissue. Atau ga ada sabun cuci tangan. Ditambah
klo ada orang yang ga bisa ngantri (lagi – lagi antrian hahaha).
5. Boarding
Di beberapa
bandara kadang suka menerapkan giliran boarding berdasarkan nomor kursi kan ya.
Trus biasanya suka dipisahin juga kan line buat business class atau sky
priority dengan economy class. Kalau udah diatur kaya gitu, plis lah ikutin aja
karena itu tujuannya kan buat mempercepat proses boarding.
Hari gini
masih adaaa aja orang yang ngikutin petunjuk simple kaya gitu aja ga bisa.
Kalau kaya di Bandara Sam Ratulangi Manado, dy cukup strict tuh sama aturan
giliran boarding berdasarkan nomor kursi. Udah dibilang kursi nomor sekian
(biasanya beberapa row dari paling belakang) boarding terlebih dahulu, ada aja
orang yang nyelip mau ikutan boarding padahal dy duduk di depan. Ditolak lah
ama petugasnya. Hasilnya apa? Memperlama proses karena ya dy kudu minggir dulu
karena menghalangi orang di belakangnya. Antrian ga berjalan lancar. Hhhh, capede.
6. Baggage
Claim
Panjangnya
conveyor belt berbanding lurus dengan panjangnya kesabaranku. Hahaha!
Di sini juga
suka sebel karena masih banyak orang yang ga ngerti BATAS TROLI. Dipikir pihak
bandara iseng aja gitu bikin garis di lantai tanpa makna. Trolinya didorong
maju banget sampe nabrak kaki kita. Aduh!
7. Sky
(not so) Priority
Kalau untuk
penerbangan domestik, ga usah jumawa deh even udah jadi Platinum Members nya
GA. Jaman platinum member belum bedol desa kaya sekarang, kita check-in di
counter premium di T3 itu dibantuin banget lho sama petugasnya. Kita tinggal
ngasih kartu identitas, trus duduk manis aja nunggu bagasi diberesin. Sekarang?
Cih boro-boro. Dilirik aja kagak. Petugas nya cuma berdiri berjejer aja kaya
among tamu.
Ambil bagasi
juga gitu. Dulu mah kita juga tinggal duduk manis ya di premium baggage lounge.
Bagasi dicariin dan diambilin. Sekarang? Unless you penumpang business class,
jangan harap koper lu disentuh ama petugas! Eh tapi ini hanya terjadi di T3
Soekarno-Hatta aja sih. Kalau di kota lain, masih oke kok pelayanannya. Jadi
heran gak sih masa di Jakarta malah kacrut begitu pelayanannya?
Gausah
ngomongin lounge lah ya, karena sekarang lounge udah kaya pasar saking ramenya.
Tapii, ga
adil dong kalau aku ga ngomongin baiknya. Alhamdulillah, at least ini hanya terjadi di penerbangan domestic ya. Untuk
penerbangan international, masih berasa kok privilege
nya Sky Priority. Check-in masih dibantuin banget, imigrasi ada priority pass
nya, bagasi juga diambilin. Pluuss, lounge buat international flight biasanya
makanannya lebih enak dan ada minuman beralkohol. Astaghfirullah!
8. Taxi
Terutama pas
peak hours ya. antri taxi aja bisa 1
jam (atau lebih!). Pernah rada traumatis nih. Antrian taxi masih DUA RATUS
nomor lagi. Nyari silver bird, kosong! Ke counter golden bird pun armada nya
abis. Mo nangeeesss T.T
Wow ternyata
banyak ya hal yang bisa membuatku senggol bacok di Bandara. Kalian setuju yang
mana?
Cheers!
No comments:
Post a Comment