Heaven!

Heaven!

Wednesday, January 20, 2016

Leyeh-leyeh makan-makan di Lombok

Menjadi keturunan (setengah) sasak membuat saya cukup mengenal adat istiadat di pulau Lombok, tak terkecuali makanannya. Dulu saat masih ada papuq (kakek-nenek), mama papa selalu ngajak mudik ke Lombok setiap lebaran. Dulu sih bengang-bengong aja di sana, lha wong saya ga ngerti bahasa sasak, nenek pun ga bisa bahasa indonesia. Saya yang masih balita pun nempel-nempel aja ke mama. Hehe. Sekarang, setelah kakek nenek sudah ngga ada, mudik ke Lombok masih tetap dilakukan tapi menjadi 2 atau 3 tahun sekali. Lucunya, walaupun saya cukup rutin ke Lombok, saya justru kurang mengenal tempat-tempat wisata di sana, apalagi jajanan atau wisata kulinernya. Namanya juga mudik dengan tujuan silahturahmi, waktu seminggu bisa habis untuk mengunjungi rumah saudara-saudara. Makan pun ya di rumah keluarga besar.

Pertama kalinya di Lombok ga sarapan di rumah :D
Sampai akhirnya saya dan suami saya memutuskan untuk honeymoon ke Lombok. Banyak teman-teman yang heran kenapa Lombok yang kami pilih, secara ya menurut mereka saya kan orang Lombok, bisa ke Lombok kapan aja. Justru itu alasan utamanya. Justru karena ke Lombok bisa kapan aja, kami jadi bisa full leyeh-leyeh selow nyelow tanpa takut rugi ada hal yang kami lewatkan dari Lombok. Bandingkan dengan bila kami pergi ke Raja Ampat. Pasti hasrat “ogah rugi” akan muncul dan bela-belain menclok sana-sini dengan prinsip “kapan lagi bisa ke sini”. Lagipula, namanya honeymoon kan special occasion, pasti pengennya di hotel cantik nyaman dong. Nah rugi kan udah bayar hotel mahal-mahal kok malah buat bobo malem aja (dasar wanita gakmau rugi). Alasan utama lain adalah ya sekalian silahturrahmi karena keluarga papa yang sepuh-sepuh kan gabisa hadir di acara pas di Jakarta, ya jadi sekalian ngenalin suami ke keluarga besar. Ihiiyy :3

Lepas dari diet pra-nikah, tentu saya lapar banget dan bawaannya pengen jajaaan terus. Baru saat ini juga saya bisa ngerasain leluasa mau jajan atau makan apa aja tanpa ada beban “ditunggu di rumah si ini ya buat makan siang”.

1.       Nasi balap puyung – RM Cahaya
Tujuan kuliner pertama ke RM Cahaya yang lokasinya pas di seberang pintu gerbang Bandara Internasional Lombok (BIL). Sebenarnya ini restoran tante saya, dan saya pun baru kali ini makan di sini sebagai “tamu”. Sengaja saya ga bilang-bilang ke tante kalau mau makan di sini karena kalau tante tau pasti udah disiapin macem-macem dan digratisin. Saya penasaran gimana rasanya kalau saya sebagai tamu beneran. Bagus kah pelayanannya?

Menu utama di resto ini adalah nasi balap puyung, yang isinya nasi putih, ayam suir pedes, kacang kedelai, tumis buncis bakar, kering kentang, dan sambal. Bisa pilih mau ditambah ayam kampung atau ngga. Selain itu, ada juga menu bebalung (semacam sop iga sapi dengan kuah hitam kental). Harga makanan di sini ternyata cukup murah. Seporsi nasi balap dijual dengan harga Rp 10.000, kalau pake ayam goreng jadi Rp 16.000. Bayangin, ayam kampung goreng harganya Rp 6000 doang!

Gimana rasanya? Enak! Ini objektif loh. Hahaha. Memang sih, kalau dibandingkan dengan nasi balap puyung yang “asli”, nasi balap di RM Cahaya ini udah agak dimodifikasi. Aslinya, nasi balap itu super pedes dan berminyak. Tante saya sengaja bikin yang tidak begitu pedas dan berminyak dengan pertimbangan supaya lebih cocok dengan lidah kebanyakan turis. Benar saja, RM Cahaya selalu ramai pengunjung terutama turis-turis yang baru landing di Lombok karena posisinya pun pas banget di depan bandara.

Keuntungan lain dari makan di sini adalah kita bisa cuci mata ngeliatin pilot-pilot ganteng karena ga jarang juga pilot dan pramugari makan di sini. Ehem. *itu suami di depan ente ga keliatan apah?!*


2.       Sate Rembige – Rembiga II Bu Sinnaseh
Sate rembige adalah sate sapi yang dibakar dengan bumbu pedas manis. Enak banget pokoknya. Terenak ketiga setelah strawberry milkshake A&W dan ikan bakar srepeh di Jepara. Hahaha. Mirisnya, saya baru tau rasanya sate rembige waktu suami (yang waktu itu masih calon suami) bawain oleh-oleh sate ini setelah dy pulang dari liburan ke Lombok. Tadinya saya pikir sate rembige itu sama kaya sate bulayak, which I don’t like. Tatatatapiiii, saya terharuuu pas nyobain sate rembige ih kok enak bangeet! Maka, pas honeymoon kemarin, SATE REMBIGE jelas tertulis besar di otak saya.

Laper apa doyan?!

Sesampainya di Mataram, kami pun langsung cuss cari sate rembige sebelum lanjut ke Senggigi. Saking semangatnya, ternyata resto nya belum buka sodara-sodaraa. Restonya terletak di Jl. Dr. Wahidin, Rembiga, Selaparang. Yaps, ga jauh dari bandara selaparang (bandara lama). Restonya buka sekitar jam 1 atau jam 2 siang, tergantung satenya siap jam brapa. Satu porsi sate harganya Rp 20.000 berisi 10 tusuk sate. Saya dan suami masing-masing beli 2 porsi (laper apa doyan?!). Belum blenger juga, kami pun bungkus 3 porsi buat dibawa ke hotel. Nyaamm!

Maka, dengan ini saya rekomendasikan bagi kalian yang jalan-jalan ke Lombok, beli lah sate rembige, bungkus, bawa ke hotel buat cemilan :9


3.       Ayam taliwang – Taliwang Dua Em Bersaudara
Ayam taliwang ini juga cukup bikin saya penasaran. Gimana ga penasaran, saya jarang banget makan ayam taliwang di resto. Klo ke Lombok, hampir tiap hari ya makan ayam taliwang dan pelecing kangkung di rumah. Tapi gimana sih rasanya ayam taliwang di resto2 yang recommended?

Saya pun browsing resto ayam taliwang dan Taliwang Dua Em ini cukup banyak direkomendasikan blogger-blogger di luar sana. Malam itu juga, saya dan suami yang lagi di Mangsit Senggigi bela-belain ke Mataram buat nyari si Taliwang Dua Em ini. Taliwang Dua Em ini cukup mudah dicari, alamatnya di Jl Transmigrasi No. 99, Cakranegara. Nyari pake waze ketemu kok.

Restonya sendiri bisa dibilang besar dengan kombinasi tempat duduk lesehan ataupun meja kursi. Karena sampai sana udah cukup malam, buru-buru saya pesan ayam taliwang pedas dengan pelecing kangkung dan nasi putih. Dari segi rasa, sebetulnya cukup enak, tapi kalau menurut saya ga semantep bikinan keluarga saya. Yah, antiklimaks deh L. Kalau dari segi harga, ya standar lah untuk restoran lokal yang ramai dikunjungi turis. Pardon me, ga ada fotonya nih. Hehe


4.       Ashtari Ocean View Cafe
Balik ke sini lagi setelah pertama kali ke sini pas mudik lebaran 2015 kemarin. Kali ini saya datengnya siang-siang jadi masih sepiii banget. Selain saya, hanya 2 meja lain yang keisi. Kalau kemarin saya Cuma sempet minum karena buru-buru, kali ini saya nyobain makanannya. Wah, seketika pandangan saya mengenai service nya pun drop. Pesen makan dan minum. Oke, ga sampe 10 menit, minuman keluar. Nunggu nunggu nunggu, hampir setengah jam, mbaknya dateng bawain pisau garpu. Perut udah kruyuk-kruyuk dan berharap makanan cepet dateng, secara pisau garpu udah dateng. Tapiiiii, udah hampir 1 jam baru deh tuh makanan dateng. Bujug. Makanan baru dateng, minuman saya udah hampir abis. Mangkel banget rasanya.

Liat tuh minuman udah hampir abis. Kzl.

Gede gini tapi daging kambingnya cuma 3 potong 
Dari segi rasa, sebenernya makanannya cukup enak. Cuma kok ya overpriced. Dengan memasang harga Rp 140.000 untuk seporsi spinach raviolli, I expect more. Porsinya memang guede sih, mengingat customernya mostly bule. Tapi dari segi kualitas dan pelayanan, not worth the money. Jadi, next time kalo ke sini ya mimi-mimi cantik aja lah yaa.


5.       La Chill Bar
Ini random karena malem-malem tiba-tiba pengen sisha. Akhirnya browsing lah cafe mana di Senggigi yang jual sisha. Cring! Nemu lah si La Chill Bar ini. Sebenernya cafe ini cocok banget untuk menikmati sunset. Areanya terbagi dua, indoor dan outdoor yang langsung di tepi pantai. Area outdoornya lucu banget, banyak bean bag chair warna-warni buat leyeh2 liat sunset sambil mimi-mimi cantik. Karena saya datengnya malem, saya pun pilih duduk di dalem. Kalau diliat-liat, menu di bar ini cukup bervariasi mulai dari minuman beralkohol, non-alkohol, snack, sampai makanan berat. Harganya pun cukup wajar.Karena tujuan utama pengen nge-sisha, kami pun cuma pesen sisha dan minuman. Ngga pesen makan karena udah kenyang makan sate rembige. Hahaha. 


6.       Bakso H. Anang
Ke Lombok kok makan bakso? Karena di Lombok itu banyak banget orang Jawa, maka bakso dan makanan-makanan jawa pun mudah ditemukan. Sampai jokesnya kakak sepupu saya gini “sekarang tuh banyak banget orang Jawa di sini, jual bakso, jual soto. Kita yang orang Lombok jual-jual tanah ke orang Jawa, ya buat beli bakso mereka itu”

Nyari bakso H. Anang ini juga cukup mudah. Kalau kita dari Mataram mau ke Senggigi, pasti ngelewatin, tepatnya di Ruko Griya Pesona Rinjani, Jl. Adi Sucipto, Ampenan. Yaps, masih di kawasan ex- bandara (Selaparang)

Bakso ini dikenal juga sebagai bakso iga karena selain berisi bakso dan mie, juga ditambah bebalung atau iga sapi. Biasanya juga dimakan pakai lontong dan kerupuk kulit. Baksonya enak dan harganya muyaah. Cukup hepi lah makannya J


Sebenernya masih banyak kuliner yang belum sempet saya cicipi. Satu yang masih ganjel, kemarin ga sempet makan sate ikan tanjung! Huaaaa.. patah hatiiii. Padahal udah kebayang-bayang sate ikan itu sejak di Jakarta, tapi ealah pas mau ke sana taunya tutup. FYI, sate ikan yang pernah saya coba ini dijualnya di Pemenang, dekat dengan pelabuhan Bangsal. Yah, next time deh. Namanya juga orang Lombok, bisa ke Lombok kapan aja kan? :p

Cheers!

No comments:

Post a Comment