Heaven!

Heaven!

Friday, August 16, 2019

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Traveling ke Jepang dengan Si Kecil


Ahsek. Udah macem artikel majalah banget gak sih judulnya?

Jadi di tulisan kali ini, saya ingin berbagi beberapa hal yang mungkin perlu mommies perhatikan sebelum mengajak si kecil jalan-jalan ke Jepang. Let me tell you first, Jepang itu sangat baby friendly. Yep, para orangtua ngga perlu khawatir kesulitan membawa si kecil ke Jepang, ke tempat yang agak mblusuk sekalipun, karena infrastrukturnya udah ok (at least dibanding Indonesia or Negara berkembang lainnya ya).


Tips-tips yang akan saya tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu membawa zapzap usia 2 tahun ya. Jadi untuk yang anaknya masih bayi banget atau udah gede, mungkin ga semua tips jadi relevan.



Nah, ini dy beberapa hal yang bisa menjadi catatan:

1.    Bring a good stroller AND a good baby carrier
Bawa stroller pliiss karena kecuali kalian keturunan sultan yang bisa kemana-mana naik mobil pribadi atau taxi di Jepang, jalan kaki or naik bus or naik train pasti menjadi opsi kalian. A good stroller will help you a lot. Tenang, fasilitas pejalan kaki di Jepang itu sangat nyaman ya. Trotoar lebaar, mulus, rambu-rambu jelas. Even di jalan yang agak sempit atau di pedesaan sekalipun, kita akan merasa aman karena yah pengendara kendaraan di sini sangat tertib.

Pilih stroller yang bisa full recline supaya anak bisa boboan. Poin yang paling penting dalam menentukan pilihan stroller adalah yang ringan dan MUDAH dibuka-dilipet. Pada saat ke Jepang, saya bawa GB Pockit Plus. Ya, dy ringan. Gak full recline sih cuman cukup nyaman untuk bobo siang. TAPI RIBET BANGET BUKA-TUTUPNYA.

Saya pun jadi mengamati, para mamah-mamah di Jepang HAMPIR SEMUA (Iya, saking jarangnya saya lihat yang nggak) pake stroller Aprica. Bahkan host airbnb saya di Tokyo pun minjemin saya stroller, Aprica juga ofkors. Kayanya itu pilihan nomor wahid untuk mamah mamah Jepang.

Karena penasaran, tentu saya cobain dong. Cobain di rumahnya doang sih, gak berani beneran bawa keluar (walaupun tentu saja beliau meminjamkan untuk dibawa jalan-jalan kan). Asliii, saya ga heran kenapa mamah mamah Jepang pilih ini. Stroller nya ringan banget, tempat duduknya luas (lebih luas dari GB Pockit), full recline, dan GAMPANG DIBUKA-TUTUP.

Kenapa penting?

Terkadang kita naik train pas lagi rush-hour. Kalau lagi kondisi gini, mending stroller dilipet lalu anaknya digendong sih. Dengan stroller yang gampang buka-tutup, kita jadi lebih mudah pada saat mau naik turun kereta. Belum lagi ga semua station ada lift atau escalator. Iya, most station ada lift dan escalator, tapi ADA yang cuman pake tangga doang. Nah kalau kaya gini, keburu senewen duluan kalau harus ribet buka-tutup stroller.

Buat yang penasaran kaya apa si Aprica stroller, ini aku kasih fotonya ya. Bukan maksud mau ngiklan. Tapi boleh loh kalo ada yang mau ngasih hahaha.

Hasil gambar untuk aprica karoon


Baby carrier juga pentiingg. Fungsinya ya biar nyaman aja gendong anak kalau lagi gak di stroller. Hahahaha.

Tapi memang gak semua tempat easy access pake stroller sih. Contoh nih di Fushimi Inari. Waah itu kuil isinya tangga doang nanjak jauuh naik gunung. Udah gitu banyak area yang berkerikil. Kalau berencana ke sini, mending bawa gendongan aja. Aku pake boba carrier. Mau merk atau model apa aja bebas ya mommies, balik ke kenyamanan masing-masing aja.


Apalagi kalau tipe anak kalian yang gampang bosen di stroller kan. Belum lagi kalau anak kalian gampang bosen di PESAWAT. Hhahahaha. Iya, bisa aja kan dy minta digendong-gendong mondar-mandir di pesawat.


2.    Makanan dan snacks
Poin ini gak perlu dikhawatirkan karena di Jepang makanannya enak-enak, snacks nya puunn astagaaa kita yang dewasa aja bisa kalap jajaann! Bungkus snacks nya aja gemes banget! Justru perlu hati-hati kalau anaknya udah ngerti jajan. Weeh bisa minta jajan teruuss. Hahaha. Zapzap aja doyaann banget pencat-pencet vending machine. Minuman lah, es krim lah. Jajan di family mart aja juga udah happy banget. Trus gak perlu pusing mikirin bekal anak selama jalan-jalan. Onigiri to the rescue!

Saya yang tadinya khawatir kurang banyak bawa bekal cemilan kesukaan zapzap dari Jakarta, malah bekalnya nyisa ga kemakan karena zapzap prefer jajanan sana. Jadi untuk para mommies, ga usah terlalu banyak bawa bekal cemilan. Mungkin prepare stok susu UHT atau sufor aja karena lebih pe-er kalau harus nyari susu trus anaknya gak cocok kan.

Jangan lupa selalu awali kegiatan makan dengan Bismillah, semoga tidak ada komponen non-halal yang (tidak sengaja) tertelan.


3.    Bawa sendok
Pentiiinggg hahahaha! Maklum yah anak eke kan bisa nya pake sendok. Di sana jarang banget sih resto yang nyediain sendok. Kayaknya cuman liat sendok itu pas di Naritaya Ramen deh. Selebihnya ya adanya sumpit. Miso soup aja ditenggak langsung dari mangkoknya gitu kan ya, bukan diseruput pake sendok.


4.    Pemilihan hotel atau tempat stay alternative lainnya
Buat mommies yang membawa si kecil, airbnb atau apartment bisa jadi alternative tempat menginap selain hotel, terutama kalau mau long stay. Bisa ngirit pengeluaran juga lho!

Pastikan di apartment atau guesthouse nya ada mesin cuci (kalau bisa cari yang nyediain detergent nya juga!), ada tempat jemur, dan dapur lengkap (ada kompor, piring dan utensils, syukur-syukur ada microwave). Pastikan juga dekat dengan station dan convenient store. Lumayan kan, kita bisa cuci – cuci baju, masak sarapan. Jadi malem abis jalan-jalan, mampir dulu ke convenient store beli bahan makanan (saya biasanya beli onigiri, sayur, buah, telur, snacks), besok paginya tinggal angetin onigiri pake microwave, bikin telur rebus atau sunny side up atau omelet, tadaaa jadi deh sarapan simple murah meriah. Gak nyampe JPY 1000 buat bertiga. Hihi. (Baca: Liburan irit ke Jepang)

Kalau mau stay di hotel, pastikan TULIS jumlah anak pada saat booking. Di Jepang termasuk yang strict masalah beginian. Jadi kalau kita bawa 1 anak usia 2 tahun, ya input lah 2 adults, 1 child (2 years old). Why? Karena biasanya untuk anak memang ada charge nya lagi. Tapi charge nya sebanding kok dengan treatment mereka ke kita. Anak akan difasilitasi juga. Misal dikasih piyama, slippers, bahkan kadang ada souvenir untuk anak. Plus mereka detail banget. Misal pas breakfast di resto, udah langsung disiapin juga table buat kita yang udah lengkap sama kursi anak. Gak kaya di sini ya, ngeliat kita bawa anak, baru deh dicariin high chair.



5.    Toilet & Baby changing room
Hampir di setiap toilet wanita, ada fasilitas untuk ganti diapers bayi. Hey, malah pas di universal studio, toilet pria pun ADA changing table nya lho! Tuh kan berarti orang Jepang pun berpendapat bahwa ganti diapers bukan lah tugas wanita semata.

Kalau males ngantri di toilet wanita, coba deh cek ke toilet difabel. Selain symbol kursi roda, biasanya ada symbol bayi juga. Kalau ada, naah berarti di dalem toilet tersebut juga ada changing table nya. Iya, kerennya di Jepang, toilet difabel ga hanya diperuntukkan warga difabel aja, tapi boleh buat ibu hamil dang anti diapers bayi juga.

Dokumetasi pribadi
(Perhatikan simbol - simbol pengguna toilet ini. Picture from: https://www.kompasiana.com/christiesuharto/5b4708eebde575337822f832/disabled-di-jepang-memang-prioritas?page=all)

Gimana kalau emak dan bapaknya kebelet pipis, lalu anak gabisa ditinggal sendiri di luar? Tenaaang, di toilet ini ada dudukan buat anak nunggu. Macem highchair gitu lah. Plus, karena ruangannya luaas, stroller bisa masuk juga. Untuk kebersihan toilet ga perlu ditanya ya. bahkan toilet station pun bersih.


6.    Perhatikan musim dan cuaca
Ini sebenernya walaupun kita ngga bawa anak sih memang harus cek musim sebelum berangkat ya. Tujuannya ya biar gak saltum (salah kostum).

Misal kita pergi pas autumn, cek pada saat tanggal kita di sana, kira-kira suhu nya berapa. Jadi kita bisa prepare pakaian yang pas juga untuk anak kita. Kita juga musti cek cuaca harian. Gak lucu kan kalau anak harus ikut ujan-ujanan atau kejebak lama neduh di suatu tempat karena mama papa nya ngga tau hari itu bakal hujan.

Untuk yang akan traveling saat musim gugur, bisa baca posting saya di: Japan Trip – Part 1: Preparation

Selain hal – hal di atas, ya standar lah kalau bawa anak jalan – jalan. Banyak cari tau juga apa yang harus diperhatikan kalau traveling ke Jepang secara umum (apa aku bikin juga ya blog post nya? Hahahaha).

Cuss!

No comments:

Post a Comment