Heaven!

Heaven!

Monday, April 9, 2012

Berburu Ayam Taliwang

Makanan khas suatu daerah memang paling enak jika dimasak orang yang memang berasal dari daerah yang bersangkutan. Contoh sederhananya adalah masakan padang. Walaupun restoran padang sangat menjamur di berbagai kota hingga pelosok, menurut saya tetap dapat dibedakan apakah itu yang masak orang padang beneran atau orang sunda. 

Bagi saya yang cinta banget sama masakan kampung halaman saya, saya sering frustrasi kalau lagi kangen makan ayam taliwang. Bagi yang belum tahu, ayam taliwang adalah masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Masakan ini dinamakan ayam taliwang karena awalnya masakan ayam ini berasal dari Kampung Karang Taliwang di Kota Mataram, NTB. Ayamnya biasanya dibakar dengan bumbu pedas yang khas dan dimakan bersama sambal yang pedas pula. Rasa sambalnya pun khas banget dan sangat mudah dibedakan dari sambal daerah lain. Makan ayam taliwang pun paling enak kalau ditemani pelecing kangkung. Sudah tahu dong kalau kangkung merupakan salah satu produk andalan Lombok (halah lebay..). Tapi emang bener loh, kangkungnya beda dengan kangkung yang biasa kita lihat di Jawa. Karena di sana kangkung ditanam di air, jadi kangkung yang dihasilkan pun memiliki batang yang besar dan ga "gondrong" (daunnya lebih sedikit). Kangkung ini kalau direbus enak banget, renyah. Dengan tambahan sambal tomat yang segar dan pedas, jadi deh pelecing kangkung :)
Jarang banget ada restoran khas Lombok di kota tempat saya tinggal. Kalaupun ada menu ayam taliwang, pasti rasanya fail. Seperti di dekat kampus saya contohnya, masang menu ayam taliwang, yang keluar adalah ayam bakar biasa, sambal yang rasanya acak adut, dan lalap timun+selada. Hah? Saya ga ingat kalau makan ayam taliwang ditemani lalap timun+selada kaya gini?! Saya juga pernah mencoba ayam taliwang yang dijual di foodcourt sebuah mall. Rasanya lumayan, tapi menurut saya tetap ada yang "salah". Beberapa tahun yang lalu pun sempat ada restoran khas Lombok di dekat rumah saya di Jakarta. Pas nyobain, wah saya girang karena rasanya "bener", dan ternyata memang yang punya adalah seorang sasak asli. Tapi sayangnya, restoran itu ga bertahan lebih dari satu tahun. Sekarang udah tutup dan ganti jadi restoran Jawa. Hadeh.. Hilang deh favorit saya..

Untungnya, saya satu kampus dengan seorang saudara jauh yang produk asli Lombok. Sebagai orang Lombok dia juga hobi dong tentunya makan ayam taliwang. Dia pun mengeluhkan hal yang sama dengan saya, jarang nemu ayam taliwang yang "bener". Hihi.. Berhubung dia yang beneran asli Lombok, pasti dy lebih frustrasi lagi tuh daripada saya. Sampai suatu hari dia merekomendasikan ayam taliwang yang katanya enak di daerah Cihampelas, Bandung, tepatnya di sebelah Hotel Nalendra. Penasaran, begitu ada waktu saya langsung nyamperin si restoran tersebut. Nama restorannya "Datu Ayam Taliwang". Pake ada tulisan "Spesialis makanan Khas Lombok" pula. Wew ternyata emang yang punya orang Lombok asli. Langsung dong saya memesan ayam plecingan pedas dan plecing kangkung plus nasi dan es jeruk (penting yaa menyebutkan pesanan secara lengkap! Haha). Harganya cukup terjangkau koq. Untuk satu ekor ayam  yang bisa di-share berdua hanya 31 ribu rupiah. Selain ayam dan plecing kangkung pun ada menu lain seperti ikan bakar, beberuk terung, dll. Waaah jadi kangen lombok deh ah! :p

Saat pesanan datang, mencium aroma masakannya aja pikiran saya sudah melayang-layang ke kampung halaman (ceileh..). Pas nyolek sambalnya, terharu.. Rasanya bener banget! Makan ayamnya, makin terharu.. Satu-satunya yang beda dengan aslinya adalah plecing kangkungnya. Ya itu sih emang ga usah berharap, secara emang ga mungkin ada kangkung yang sama di sini. Hehe. Saya yang saat itu makan berdua cuma abis sekitar 57 ribu rupiah. Ga terlalu mahal kan? Daripada harus terbang dulu ke lombok. Hehe

Lucunya, jangan pikir kalau makan ayam taliwang di lombok juga udah pasti bener. Memang itu makanan khas sana yang seharusnya rasanya pasti bener. Kalau kita makan ayam taliwang di restoran yang sangat "turis" justru kita ga akan dapat ayam taliwang asli. Saya sendiri pernah makan di salah satu restoran di daerah sayang-sayang Mataram. Disana, saya pesan ayam taliwang dan yang keluar ayam taliwang yang ga ada pedas-pedasnya. Penasaran, saya nyoba pesen satu lagi, dengan bilang "yang pedes ya mbak!". Ealah baru deh keluar yang pedesnya ampun deh guee! Hal ini juga dialami seorang teman saya yang kaget dengan bentuk dan rasa ayam taliwang yang sebenarnya karena sangat berbeda dengan yang pernah ia makan di resto di gili trawangan. Menurut dia, ayam taliwang yang pernah ia makan itu gak ada pedes-pedes nya sama skali dan bumbunya pun berbeda. Ya iya lah yaa, kalau bule-bule di gili trawangan dikasi sambal sepedes itu, bisa diare selama sebulan!


No comments:

Post a Comment